Honda

PTN Ramai Buka Fakultas Kedokteran, Ada di Kampus QS WUR 2024, Apa Saja Keunggulannya?

PTN Ramai Buka Fakultas Kedokteran, Ada di Kampus QS WUR 2024, Apa Saja Keunggulannya?

PTN Ramai Buka Fakultas Kedokteran, Ada di Kampus QS WUR 2024, Apa Saja Keunggulannya?--Sumber: Freepik

PALEMBANG, PALPRES.COM - Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ramai buka Fakultas Kedokteran baru, bahkan ada diantaranya merupakan kampus terbaik Indonesia QS WUR 2024.

Ada beberapa PTN Indonesia yang baru membuka Fakultas Kedokteran dengan keunggulan masing-masing.

Program Studi Kedokteran tetap diminati oleh calon mahasiswa setiap tahun, meskipun persaingan untuk masuk ke jurusan ini sangat ketat.

Walau demikian, jumlah dokter di Indonesia saat ini masih kurang meski banyaknya peminat di bidang ini.

BACA JUGA:Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi QS World University Rankings 2024 Beserta Peringkat, Ada Kampusmu?

Berdasarkan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), seharusnya setiap dokter melayani seribu orang. Namun, di Indonesia saat ini hanya ada sekitar 170.000 dokter.

Kondisi tersebut menjadi alasan mengapa banyak perguruan tinggi, baik yang swasta maupun negeri, memutuskan untuk membuka program studi kedokteran sebagai respons terhadap kekurangan tersebut.

Saat ini, beberapa perguruan tinggi negeri sudah meluncurkan program studi kedokteran yang baru, bahkan salah satu kampusnya ada yang berfokus pada teknologi.

Dilansir dari masing-masing situs resmi kampus, berikut daftarnya.

BACA JUGA:9 Jurusan yang Paling Diincar Perusahaan Start Up, Tersedia di Kampus TOP QS WUR 2024, Ada Jurusanmu?

1. Institut Pertanian Bogor

IPB telah memperoleh rekomendasi dari Kementerian Kesehatan melalui Surat Keputusan Nomor PP.05.01/Menkes/672/2022 tanggal 14 September 2022 untuk membuka Program Studi Kedokteran dalam bentuk Program Sarjana dan Program Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi.

Program Studi Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas IPB memiliki keunggulan dalam bidang Kedokteran Agromaritim dengan pendekatan One Health.

Para dokter yang lulus dari IPB akan memiliki kemampuan tambahan untuk memahami hubungan antara kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: