Honda

Keren, Rencana Aksi Daerah Kelapa Sawit Berkelanjutan Bakal Dilakukan Pemkab Muba

Keren, Rencana Aksi Daerah Kelapa Sawit Berkelanjutan Bakal Dilakukan Pemkab Muba

Asisten II Setda Muba Andi Wijaya Busro Memimpin Rapat.-Kominfo Muba For Palpres.com-

MUBA, PALPRES.COM- Sebagai langkah aksi dalam meningkatkan perekonomian, Pemkab Musi Banyuasin melalui Dinas Perkebunan Muba mengelar rapat pembahasan rencana aksi daerah kelapa sawit berkelanjutan (RAD KSB), Rabu 16 Agustus 2023 di ruang rapat Serasan Sekate.

Rapat dipimpin Asisten bidang perekonomian dan pembangunan Setda Muba Andi Wijaya Busro, didampingi kepala Disbun Muba Akhmad Toyibir dan diikuti Organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Muba

Dalam arahannya, Andi mengatakan bahwa rapat dilaksanakan dalam rangka penyusunan RAD KSB, tujuannya memberikan pedoman bagi pemangku kepentingan terkait kelapa sawit untuk meningkatkan sinergi, koordinasi, dan komunikasi dalam mencapai tujuan pembangunan kelapa sawit berkelanjutan.

BACA JUGA:Antuasias Masyarakat Saksikan Lomba Panjat Pinang di Muba, Bertabur Hadiah hingga Disaksikan Pj Bupati

Andi juga berharap tim penyusun yang telah dibentuk sesuai dengan kewenangan tugas fungsi masing-masing untuk berperan sebagai tim pelaksana dalam pengimplementasian RAD KSB ini.

"Dalam penyusunan dokumen RAD KSB ini, pemerintah daerah mengacu kepada beberapa prinsip. 

Karena RAD KSB ini merupakan dokumen yang berisi serangkaian program yang mengacu dan atau terintegrasi kedalam RPJMD dan Renstra OPD membidangi perkebunan dan OPD lain yang terkait. 

BACA JUGA:Diikuti 85 Peserta, Lomba Catur HUT Kemerdekaan RI di Muba Pakai Sistem Ini

Maka dari itu, bagi OPD yang ada dan tidak ada data harus segera melapor dan bagi OPD yang ada data melaksanakan peran sebagai penyusun,"terangnya 

Sementara, kepala Disbun Muba Akhmad ToyIbir menyampaikan lima komponen utama rencana aksi daerah perkebunan kelapa sawit berkelanjutan diantaranya penguatan data, penguatan koordinasi dan Infrastruktur. 

Peningkatan kapasitas dan kapabilitas pekebun. Pengelolaan dan pemantauan lingkungan.

BACA JUGA:Pj Sekda Bertarung Dengan Kapolres Muba, Kok Bisa? Ternyata Ikut Turnamen Ini 

Tata kelola perkebunan dan penanganan sengketa. Dukungan percepatan pelaksanaan sertifikasi ISPO dan peningkatan akses pasar produk kelapa sawit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: