Honda

5 Jurusan dengan Peminat Tertinggi di Universitas Padjadjaran pada Jalur SNBP 2023, Ada Jurusan Idamanmu?

5 Jurusan dengan Peminat Tertinggi di Universitas Padjadjaran pada Jalur SNBP 2023, Ada Jurusan Idamanmu?

5 Jurusan dengan Peminat Tertinggi di Universitas Padjadjaran pada Jalur SNBP 2023, Ada Jurusan Idamanmu?--Sumber: Unpaders

PALEMBANG, PALPRES.COM — Ada 5 jurusan kuliah dengan peminat tertinggi di Universitas Padjadjaran pada jalur SNBP 2023.

Universitas Padjadjaran atau atau biasa disingkat dengan UNPAD memang merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang banyak diminati pelajar Indonesia.

UNPAD juga masuk dalam deretan kampus terbaik Indonesia versi QS WUR 2024.

Oleh karena itu, UNPAD juga menyediakan banyak jurusan kuliah atau program studi yang berjumlah sekitar 58 pilihan.

BACA JUGA:6 Jurusan Paling Diincar Perusahaan Pertambangan, Ada di Kampus QS WUR 2024

Banyaknya jurusan tersebut berdampak pada jumlah peminat yang melonjak hingga membuat para pelajar mengalami keketatan pada seleksi masuk.

Karena, semakin banyak peminat, maka semakin sedikit pula peluang untuk lolos ke dalam suatu jurusannya.

Nah, sebagai bahan pertimbangan seleksi masuk tahun depan, pelajar dapat melihat seberapa peluang mereka dalam meraih jurusan impian di kampus ini.

Maka dari itu, dilansir dari laman website resmi Unpad, berikut beberapa jurusan dengan peminat tertinggi pada SNBP 2023.

BACA JUGA:10 Jurusan Kuliah di UGM dengan Biaya UKT Paling Murah, PTN TOP QS WUR 2024

1. Jurusan Psikologi

Jurusan pertama yakni ada Jurusan Psikologi yang memiliki peminat terbanyak pertama Unpad jalur SNPB dengan jumlah 2.207 peminat.

Jurusan Psikologi UNPAD telah terakreditasi A dan dibentuk dengan tujuan agar mahasiswa dapat memahami perilaku serta fungsi-fungsi Psikologi yang mendasarinya melalui pendekatan biopsikososial.

Selain itu, mereka menawarkan kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) yang menggunakan proyek akhir capstone sebagai bagian integral untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan.

BACA JUGA:5 Jurusan Terfavorit yang Ada di IPB, Kampus Terbaik versi QS WUR 2024, Minat Masuk?

Oleh karena itulah, jurusan ini memiliki tingkat keketatan tertinggi dengan indeks 1:53 di UNPAD.

2. Jurusan Ilmu Hukum

Hukum Unpad telah merancang rencana pembelajaran terbaru yang sesuai dengan perubahan kebijakan dan kebutuhan dari stakeholders yang terkait.

Jurusan Ilmu Hukum Unpad berada di peringkat ke-2 sebagai jurusan dengan peminat tertinggi pada SNBP 2023 dengan jumlah 2.195 peminat.

BACA JUGA:5 Jurusan Sepi Peminat di Universitas Brawijaya Tapi Prospek Kerja Menjanjikan, Kampus QS WUR 2024

3. Jurusan Ilmu Keperawatan

Dalam bidang kesehatan, terdapat jurusan ilmu keperawatan yang memiliki peminat tinggi dengan 2.123 peminat.

Dilansir dari website Unpad, di jurusan Ilmu Keperawatan UNPAD, metode pembelajaran difokuskan pada pemahaman bagaimana individu merespons berbagai kondisi, baik saat dalam keadaan sehat maupun sakit.

Selanjutnya, langkah-langkah untuk mengatasi situasi tersebut didasarkan pada pengetahuan dalam bidang humaniora, biologi, biokimia, anatomi, fisiologi, fisika, perilaku, serta konsep dasar keperawatan.

BACA JUGA:4 Kampus TOP QS WUR 2024 dengan Jurusan Desain Interior Terbaik Versi BAN-PT, Apa Saja Keunggulannya?

4. Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen selalu menjadi jurusan dengan peminat terbanyak di universitas, sementara di UNPAD pada jalur SNBP, ada sebanyak 2.043 peminat yang mendaftar jurusan ini.

Sehingga jurusan ini menjadi jurusan terketat di Indonesia dengan indeks 1,39 persen.

Program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad, mahasiswa akan mengikuti berbagai mata kuliah yang bertujuan untuk menggali potensi akademik mereka.

BACA JUGA:Daftar Fakultas dan Jurusan di Binus PTS Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2024

Tidak hanya itu, Manajemen Unpad juga berusaha untuk meningkatkan keterampilan soft skill mahasiswa melalui Program The Champion.

Program ini dirancang untuk mendidik dan memperkuat kemampuan berpikir mahasiswa sehingga mereka bisa bersaing dengan baik dalam kompetisi-kompetisi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

5. Jurusan Pendidikan Dokter

Dalam Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) Fakultas Kedokteran (FK) Unpad, proses belajar mengajar dilakukan melalui metode pelatihan yang berfokus pada kompetensi, yang mencakup kompetensi dalam bidang klinik dan manajemen kesehatan masyarakat.

BACA JUGA:5 Jurusan Terfavorit di UGM, Kampus TOP QS WUR 2024, Kamu Tertarik?

Dikenal sebagai tempat kelahiran para dokter terbaik, jurusan ini menarik minat dari 1.959 pelajar pada SNBP 2023.

Demikian beberapa data mengenai jurusan dengan peminat tertinggi di UNPAD yang dapat menjadi pertimbangan para calon mahasiswa untuk mengikuti seleksi masuk di tahun depan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: