Honda

Bukti Nyata Zaman Prasejarah, Lukisan Bergambar Anoa di Dinding Goa, Usianya Mencapai 44.000 Tahun

Bukti Nyata Zaman Prasejarah, Lukisan Bergambar Anoa di Dinding Goa, Usianya Mencapai 44.000 Tahun

Ilustrasi lukisan bergambar anoa di dinding goa di Sulawesi Selatan-Net-

PALPRES.COM - Bukan hanya memiliki sumber daya alam yang melimpah, Sulawesi Selatan juga ditemukan penemuan unik dan menarik.

Penemuan tersebut berupa lukisan pada zaman prasejarah yang berusia 44.000 tahun, dimana lukisan itu berada di dinding sebuah goa yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan.

Diketahui, lukisan tersebut memiliki gambaran yakni seekor hewan yang sedang diburu oleh orang-orang pada zaman prasejarah, yakni menggambarkan hewan Anoa.

Dengan ditemukannya lukisan purbakala pada zaman prasejarah tersebut merupakan sebuah bukti adanya kehidupan pada zaman dulu.

BACA JUGA:Desa Tertua Ini Berusia 289 Tahun, Konon Menyimpan Sejarah Bedirinya 2 Kerajaan Besar Ternama

Hal ini merupakan sebuah rekaman pada zaman prasejarah yang bisa dilihat dan juga ditemukan, bahkan orang-orang pada zaman dulu bisa melukis di dinding goa.

Lokasi penemuan sebuah lukisan zaman prasejarah itu berada di Maros, Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan.

Tepatnya berada di goa yang terletak di Karst atau disebut dengan pegunungan batuan kapur yang dinamakan Situs Leang Bulu Sipong 4.

Penemuan-penemuan yang unik dan menarik di Sulawesi Selatan tersebut tercantum dalam sebuah jurnal yang memiliki juduk Nature.

BACA JUGA:Bukan Media Sosial Semata, Tiktok Mulai Kuasai Pasar Global, UMKM Indonesia Terancam?

Penelitian mengenai penemuan yang unik ini dilakukan oleh sekelompok tim yang berasal dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Indonesia.

Bukan hanya itu saja, tentunya tim ini menggandeng tim peneliti yang berasal dari Universitas Griffith di Australia.

Penemuan lukisan yang diperkirakan berusia 44.000 tahun ini ditemukan ketika adanya pencabutan sebuah pohon yang berada di lorong masuk menuju goa.

Lukisan yang adanya di dinding goa di Sulawesi Selatan bukan merupakan penemuan tertua di dunia, lantaran lukisan tertua yang ada di dunia berada di Afrika Selatan.

BACA JUGA:Pinjam Saldo DANA Rp1 Juta di Aplikasi Akulaku, Prosesnya Mudah dan Cair dalam Hitungan Menit

Lukisan yang ditemukan di sebuah goa di Sulawesi Selatan ini bahkan merupakan sebuah hal yang unik lantaran menggambarkan adanya peristiwa perburuan yang dilakukan zaman prasejarah.

Bebatuan yang dijadikan sebagai tempat melukis adalah batuan yang memiliki nama popcorn, bahkan bebatuan tersebut melukis hewan buruan babi yang telah berusia 43.900 tahun yang lalu.

Menariknya lagi, ditemukan sebuah goa purbakala di Sulawesi Selatan sebanyak 242 goa purba, penemuan seni yang ditemukan tersebut merupakan penemuan tertua yang ada di provinsi tersebut. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: