Honda

Ciri-ciri Wanita Idaman Sesuai Hadis Rasulullah SAW, yuk Dibaca!

Ciri-ciri Wanita Idaman Sesuai Hadis Rasulullah SAW, yuk Dibaca!

Ciri-ciri wanita idaman sesuai hadis Rasulullah SAW--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Tidak ada manusia yang sempurna dan tidak ada yang tanpa cela, karena manusia memang tempatnya lupa dan salah, akan tetapi setidaknya kita mengetahui dan miliki panduan dalam memilih calon istri yang shalihah, dalam rangka menuju ridha Allah SWT.

Sebagai umat Islam, kita sudah diajarkan oleh Rasulullah SWA kiat-kiat memilih wanita muslimah yang baik, jika petunjuk tersebut kita jalankan dan ikuti secara benar, maka Insya Allah akan menemukan wanita shalihah tersebut.    

Dalam pembahasan kali ini akan dibahas beberapa petunjuk Rasulullah terkait memilih wanita idaman untuk dijadikan pendamping hidup di dunia dan akhirat, berikut 

Petunjuk Rasulullah itu termaktub dalam beberapa hadist dibawah ini, antara lain:

BACA JUGA:SIMAK! Jadwal Lengkap Penyaluran Bansos PKH dan BPNT Tahap 4 September 2023, Ini Cara Cek Data Penerima   

1. Hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim

“Wanita dinikahi karena empat hal: hartanya, kemuliaan keluarganya, kecanti-kannya dan agamanya, maka pilihlah yang beragama, kamu akan beruntung.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

“Dan wanita adalah pengurus rumah suami dan anaknya, dia ber-tanggung jawab terhadap mereka.” (HR. Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:3 Cerita Rakyat yang Melegenda di Bumi Silampari, Yuk Disimak

3. Hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban, dishahihkan oleh Al Albani dalam shahih al Jami.

“Jika seorang wanita melaksanakan shalat lima waktunya, puasa bulan Ramad-hannya, menjaga kemaluannya, menaati suaminya, akan dikatakan kepadanya: masuklah kepada Surga dari pintu manapun yang kamu mau.” (HR. Ibnu Hibban, Disha-hihkan oleh Al Albani dalam shahih al Jami’).

4. Hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Majah

“Siapa saja wanita (istri) yang meninggal dan suaminya ridho kepadanya, dia akan masuk surga.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah, Tirmidzi berkata: Hadits Hasan).

BACA JUGA:Bisa Hasilkan Oksigen di Malam Hari, Tanaman Hias Jenis Ini Baik Ada di Rumah

5. Hadist yang diriwayatkan oleh HR Ath Thayalisy.  

“Sebaik-baik wanita (istri) adalah jika kamu memandangnya, dia menyenangkanmu, jika kamu memerintahnya, dia menaatimu, dan jika kamu sedang tidak ada, dia menjagamu pada dirinya dan har-tamu.

Kemudian beliau membaca ayat ini: (Kaum laki-laki itu adalah pemim-pin bagi kaum wanita) sampai akhir ayat.” (HR. Ath Thayalisy dalam musnadnya nomor 2325.

6. Hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad, Nasai dan Al Hakim.

BACA JUGA:Terjawab Kapan Bansos PKH Tahap 3 Cair, Ternyata di Tanggal Ini, Ibu Hamil Dapat Rp500.000 

“Sebaik-baik wanita adalah yang menyenangkannya saat dia melihat, menaatinya saat ia memerintah dan tidak menyelisihinya dengan hal yang dibencinya pada dir-inya dan hartanya.”

(HR. Ahmad, An Nasai dan Al Hakim, dihasankan oleh Al Albani).

Dari beberapa hadist diatas, maka dapat kita kumpulkan semua petunjuk sabda mulia di atas dalam rangka mencari wanita idaman, yang  akan membawa ketenangan, kasih dan sayang, bertanggung jawab dan mampu mengatur rumah dan anak. (frs) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: