Honda

INGAT! Tol Indra-Prabu Memang Gratis, Tapi Tetap Wajib Gunakan Ini

INGAT! Tol Indra-Prabu Memang Gratis, Tapi Tetap Wajib Gunakan Ini

Gerbang Tol Indralaya – Prabumulih (Indraprabu) mulai dipadati kendaraan yang melintas.-Hutama Karya-

INDRALAYA, PALPRES.COM - Sampai menunggu ketentuan tarif dari pihak Kepmen yang akan dikeluarkan oleh Menteri PUPR yang belum tahu kapan waktunya, Tol Simpang Indralaya-Prabumulih (Indra-Prabu)  masih gratis

Gratisnya tol ketiga di Sumatera Selatan ini berlaku mulai Rabu 30 Agustus 2023 sekitar pukul 07.30 WIB, yang dibuka langsung Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru.

"Pengguna jal tol Indra-Prabu tetap melakukan tapping kartu uang elektronik di gardu tol, kalau tidak ada, ya tidak bisa masuk tol," ujar Beat Manajer Tol Palembang-Indrlaya dan Tol Simpang Indra-Prabu, Syamsul Rijal Kamis 31 Agustus 2023.

Tak hanya itu katanya, pengguna tol dari Palembang ke Prabumulih dan sebaliknya tetap dikenakan tarif sebesar Rp.20.500.

BACA JUGA:5 BLT Ini Bakal Dicairkan Mulai September, Sasar Hampir 30 Juta Penerima

"Yang kita gratiskan tahap uji coba ini hanya Tol Simpang Indralaya-Prabumulih, begitu juga sebaliknya," ungkap pria berkacamata ini.

Uji coba tol Simpang Indra-Prabu ini berlaku selama 24 jam, tidak seperti saat difungsionlkan pada mudik lebaran Idul Fitri beberapa bulan yang lalu yang hanya difungsionalkan pada siang hari dari pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB.

"Panjang tol Indra-Prabu 64,5 Km, dengan jarak tempuh hanya 45 menit, dan jika jalan santai dengan kecepatan 60, bisa satu jam. 

Jadi selisih kurang lebih 2 jam kalau melalui Jalan Lintas," tuturnya.

BACA JUGA:Daftar 5 BLT yang Cair September 2023, Ada PKH, Permakanan Lansia, BPNT, Hingga Bansos YAPI

Sementara itu, Divisi Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, bahwa dari sisi fasilitas, ruas tol ini telah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di jalan tol, salah satunya yakni dengan menyediakan (dua) rest area yang berada di KM 65 Jalur A & B. 

Adapun pengoperasian ruas jalan tol ini diawali dengan sosialisasi beroperasi tanpa tariff, atau belum berbayar serta penggunaan kartu uang elektronik. 

Hal ini karena pengguna jalan tol yang melintas, tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik.

"Melihat antusiasme yang cukup besar, kami berharap trafik di ruas tol ini cukup besar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: