Honda

Simak! Penjelasan Ustad Abdul Somad Begini Hukum Sholat Tahajud Tapi Tidak Tidur

Simak! Penjelasan Ustad Abdul Somad Begini Hukum Sholat Tahajud Tapi Tidak Tidur

Simak! Penjelasan Ustad Abdul Somad Begini Hukum Sholat Tahajud Tapi Tidak Tidur--Sumber: Internet

PALEMBANG, PALPRES.COM - Dalam sebuah tausiyahnya Ustad Abdul Somad menjelaskan apakah boleh sholat tahajud tanpa tidur terlebih dahulu.

Beliau menjelaskan bahwa ada aturan tersendiri mengenai sholat tahajud bagi agama Islam.

Sholat tahajud adalah sholat malam atau yang sering dikerjakan pada waktu sepertiga malam terakhir, secara normal sholat tahajud biasanya dikerjakan ketika bangun dari tidur.

Dilansir dari sebuah video di kanal YouTube Ustad Abdul Somad official beliau menjelaskan, kalau sholat tahajud harus didahului dengan tidur terlebih dahulu.

BACA JUGA:4 Kampus yang Dijadikan Lokasi Syuting Film, Coba Tebak Kampus Mana Aja?

Meskipun begitu, semisal ada hal lain yang harus dikerjakan pada malam hari dan terpaksa untuk tidak tidur, tetap diharapkan untuk tidak melewatkan sholat malam.

Kita harus tetap dianjurkan untuk melakukan sholat sunah pada malam hari atau ibadah pada malam hari yang disebut dengan qiyamul lail.

Sholat malam tapi didahului dengan tidur dulu namanya adalah sholat tahajud.

Tapi sholat pada malam hari tapi tidak di dahului dengan tidur atau tidak tidur sama sekali dinamakan qiyamul lail yang bermakna menegakkan sholat malam.

BACA JUGA:Berjarak 279 Km dari Palembang, Inilah Objek Wisata Alam yang Mempesona, Penasaran?

Berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh imam Bukhari dari Aisyah menjelaskan bahwa sholat tahajud itu empat rakaat dua kali terus ditambah tiga rakaat kalau di totalkan menjadi sebelas rakaat.

Kalau berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh imam Muslim dari Aisyah menjelaskan bisa juga dikerjakan dengan sholat dua rekaat, dua rekaat hingga cukup dua belas rakaat dan ditambah dengan satu rekaat jadi totalnya pas tiga belas rakaat.

Adapun bacaan yang pada rekaan yang pertama Rasulullah Saw membaca 100 ayat dari surah Al-Baqarah, Selain itu, 10 hingga 11 ayat terakhir surah Ali Imran yang dibaca dalam satu rekaat.

Berdasarkan sholat tahajud yang dikerjakan oleh Rasulullah Saw bukanlah berfokus oada ayat yang panjang.

BACA JUGA:6 Provinsi Pemeluk Agama Katolik Terbanyak di Pulau Jawa, Jakarta atau Yogyakarta yang Terbanyak?

Bukan juga berfokus pada rakaat yang banyak dan bagusnya bacaan tapi hal yang utama adalah kekhusyukan dalam melaksanakan sholat tersebut.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: