Honda

Segudang Manfaat Buah Belimbing Bagi Tubuh Kita yang Wajib Kamu Ketahui

Segudang Manfaat Buah Belimbing Bagi Tubuh Kita yang Wajib Kamu Ketahui

Segudang Manfaat Buah Belimbing Bagi Tubuh Kita yang Wajib Kamu Ketahui-takamasmall_id-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Belimbing atau Averrhoa carambola adalah buah yang populer di iklim tropis. Buah ini dikenal dengan rasa asam-manisnya yang khas dan menyegarkan. 

Manfaat belimbing untuk kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi. Selain dikenal baik untuk menurunkan berat badan, buah yang memiliki bentuk seperti bintang ini juga dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh hingga mencegah pertumbuhan sel kanker.

Manfaat belimbing didapatkan dari kandungan nutrisi yang melimpah di dalamnya. 

Kandungan nutrisi dan manfaat belimbing memang sangat baik bagi kesehatan. 

BACA JUGA:Wajib Tahu! Khasiat Buah Melon Bagi Tubuh, Salah Satunya Cegah Hipertensi

Meski demikian, orang yang memiliki gangguan fungsi ginjal, khususnya gagal ginjal kronis, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah belimbing.

Hal ini karena buah belimbing mengandung asam oksalat dan karamboxin. 

Zat-zat tersebut dapat menumpuk di dalam tubuh dan menimbulkan masalah kesehatan bila tidak disaring oleh ginjal dan dikeluarkan lewat urine.

Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan, Berikut ini adalah beberapa manfaat belimbing untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui:

BACA JUGA:6 Khasiat Buah Anggur Yang Wajib Diketahui, Salah Satunya Bikin Awet Muda

1. Mengendalikan kadar gula darah

Tingginya kandungan serat tidak larut air (insoluble fiber) pada buah belimbing dinilai dapat menghambat penyerapan glukosa sehingga mampu menurunkan dan mencegah lonjakan kadar gula darah. Manfaat belimbing ini tentu dapat sangat membantu penderita diabetes untuk mengendalikan kadar gula darahnya.

 

2. Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah belimbing dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena belimbing termasuk buah yang rendah kalori dan memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga membuat Anda tidak cepat lapar.

BACA JUGA:Simpan Persediaan Jeruk Nipis, Ini Khasiatnya untuk Anak-anak

3. Memperkuat sistem imunitas

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah belimbing sangat baik untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Tak hanya itu, adanya antioksidan, seperti zinc dan mangan, juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh serta membantu menghilangkan racun dari tubuh.

 

4. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi buah belimbing dengan porsi yang cukup dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. Hal ini karena buah belimbing mengandung cukup banyak vitamin B9 (asam folat) yang bermanfaat untuk menurunkan kadar homosistesin.

BACA JUGA:Ini Dia 3 Jenis Aglonema Paling Cantik Beserta Cara Perawatannya yang Mudah

5. Meredakan sakit maag

Dalam pengobatan tradisional, buah belimbing kerap digunakan untuk meringankan gangguan pada lambung, seperti sakit maag. Buah belimbing dan ekstrak daunnya diketahui memiliki sifat antiulkus karena mengandung terpenoid, flavonoid, dan mucilage yang dapat memperkuat lapisan dalam lambung dan usus, sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan lambung akibat gastritis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: