Honda

Waktu Balita Belum Sempat di Akikah? Simak Penjelasan Ustaz Abdul Somad, Begini Cara Menebusnya!

Waktu Balita Belum Sempat di Akikah? Simak Penjelasan Ustaz Abdul Somad, Begini Cara Menebusnya!

Waktu Balita Belum Sempat di Akikah? Simak Penjelasan Ustaz Abdul Somad, Begini Cara Menebusnya!--Sumber: Facebook Ustaz Abdul Somad Official

PALEMBANG, PALPRES.COM- Waktu balita belum sempat akikah, Ustaz Abdul Somad menjelaskan begini cara menebusnya dan hukum aqiqah.

Dalam sebuah tausiyahnya Ustaz Abdul Somad memberikan sebuah penjelasan untuk orang yang sudah dewasa tapi belum di akikah.

Akikah merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita atas lahirnya sang anak, yang mana aqiqah kerapkali di identikan seperti pemotongan hewan kurban saat Idul Adha.

Akan tetapi cara dan niatnya tetulah berbeda.

BACA JUGA:8 Kota Paling Dermawan di Indonesia, Hasil Donasinya Capai Rp290 Miliar, Ada yang Bisa Tebak Kota Mana?

Akikah secara bahasa memiliki arti memotong yang berasal dari kata Bahasa arab yakni "al-qath'u".

Selain itu ada juga definisi lainnya yang menyebutkan aqiqah itu yakni nama rambut bayi yang baru dilahirkan.

Sedangkan menurut istilah akikah adalah sebuah proses memotong hewan ternak yakni pada hari ketujuh setelah bayi tersebut dilahirkan.

Menurut istilah, akikah adalah proses kegiatan menyembelih hewan ternak pada hari ketujuh setelah bayi dilahirkan.

BACA JUGA:Bikin Kagum! Inilah 6 Kota Paling Rapi di Dunia, Ada Indonesia?

Lantas bagaimana jika sudah dewasa bahkan sudah tua tapi belum di akikah? Dalam tausiyahnya UAS yang dilansir dari kanal YouTube Afterlife Fighters memberikan sebuah amalan.

Amaln ini wajib kamu lakukan sebagai penembus jika belum di akikah hingga saat ini. Aqiqah dilakukan sejak 7,14 sampai 21 hari batasnya.

Yang mana akikah ini dilakukan denga cara memotong 2 ekor kambing untuk laki-laki dan satu kambing untuk perempuan.

Akikah tersebut dilakukan sebagai rasa syukur kita kepada Allah Subhanahuwataallah yang telah memberikan karunia anak yang telah lahir di tengah keluarga.

BACA JUGA:4 Jurusan yang Lulusannya Kerja di Perusahaan Migas, Jurusan Kamu Termasuk Gak?

Namun, tidak semua orang yang dikaruniai anak, dia mampu untuk langsung melakukan aqiqah pada hari ke 7,14 dan 21 karena membutuhkan biaya yang cukup besar.

Oleh sebab itu banyak dari umat muslim yang belum di aqiqahi hingga sekarang, akan tetapi hal itu bisa ditembus dengan hal ini.

Jika saat ini belum di aqiqahi tapi kamu ada niat untuk aqiqah karena sudah mampu, maka Ustaz Abdul Somad menjelaskan boleh aqiqah setelah mampu dan itu adalah sebagai penebus karena saat bayi belum mampu.

Meskipun sudah tua aqiqah penembusan tersebut bisa dilakukan dan tidak menjadi masalah. Meskipun bapak-bapak usianya sudah 40-50 tahun.

BACA JUGA:4 Kota Ramah Sepeda, Kota Kamu Termasuk Gak Yaa? Cek di Sini!

Hal itu menjelaskan kalau aqiqah tetap harus dilaksanakan meskipun sudah lewat batas dan usia suda tua, karena sesuai dengan tuntunan Nabi.

Demikianlah penjelasan Ustaz Abdul Somad yang menjelaskan bagaimana cara menebus aqiqah kalau masa keci belum sempat. Semoga bermanfaat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: