Honda

Batu Malin Kundang Benar dari Kutukan? Berikut Ini Destinasi Wisata di Sumatera Barat Berbau Legenda

Batu Malin Kundang Benar dari Kutukan? Berikut Ini Destinasi Wisata di Sumatera Barat Berbau Legenda

Danau Singkarak, Sumatera Barat.-Istimewa/Net-

PADANG, PALPRES.COM- Siapa yang tidak kenal dengan legenda cerita Malin Kundang tentunya sudah tidak asing lagi dengan cerita tentang Malin Kundang.

Nah Sumatera Barat (Sumbar) tidak hanya kaya pesona alam saja namun juga ragam budaya mengagumkan dari setiap daerah.

Salah satu produk budaya adalah cerita rakyat yang turut menggenjot kepopuleran wisata legenda di Sumbar.

Konon sejumlah tempat wisata di Indonesia dikaitkan dengan kisah legenda masa lalu.

BACA JUGA:11 Danau Terbesar di Indonesia, 2 Danau Terbesarnya Ada di Sumbar, Sumatera Selatan Ada Tidak?

Inilah 5 tempat wisata di sumatera barang yang tumbuh dari cerita rakyat dan legenda.

1. Batu Malin Kundang 

Cerita malin kundang sendiri sudah melegenda hingga seantero Indonesia. Cerita ini sering dikaitkan dengan perlakukan anak kepada ibunya.  Dimana malin kundang dikutuk menjadi batu oleh sang ibu.

Dulunya malin seorang remaja miskin, lalu dia pun merantau.

BACA JUGA:Ini 3 Objek Wisata Bikin Wow di Sawahlunto Sumbar, Salah Satunya Diajak ‘Menembus’ Gunung

Setelah sukses, malin pun pulang ke kampung halaman. Namun, dipelabuhan seorang wanita tua pun menunggu kepulangan anaknya.

Sesampai di pelabuhan malin pun bertemu sang ibu dan hendak memeluknya.

Namun, apa yang terjadi si malin pun menghardik dan tidak mengenali wanita tua  yang tak lain adalah ibunya.

2. Ikan Sakti Sungai Janiah

BACA JUGA:5 Keunikan Tarian dari Sumbar Ini, Gerakannya Enerjik, Konon Pertama Kali Muncul pada Abad Ke-16

Sungai Janiah merupakan sebuah tempat wisata yang terletak di jorong Sungai janiah Negeri tabek panjang, Kecamatan baso, Kabupaten Agam.

Tempat wisata ini juga menyimpan cerita legenda yang sampai sekarang masih diceritakan Alkisah ikan Sakti itu berasal dari seorang anak balita yang menghilang dari orang tuanya.

Saat membuka perladangan di perbukitan di sekitar kolam ikan Sakti yang kini lokasinya persis di depan masjid perkampungan Sungai janiah balita itu hilang ketika orang tuanya sedang asyik mencangkul di ladangnya.

Orang tuanya pun mencarikan kembali di sekitar kawasan perladangan itu meski sudah dicari berhari-hari berminggu-minggu dan hitungan bulan namun si anak tidak kunjung bertemu.

BACA JUGA:Tradisi Peringatan Asyura di Sumbar, Bangun dan Hiasi Patung, Arak Keliling Kota, Lalu Hancurkan di Pantai

Suatu ketika warga dikejutkan dengan peristiwa aneh kemunculan seekor ikan yang mencicipi dan minta makanan dari sebuah kolam yang tidak jauh lokasinya dari tempat suami istri petani yang kehilangan balita itu berladang.

Entah siapa yang memberikan info pertama ikan dan sendok makan itu diduga kuat adalah balita yang hilang informasi itu pun cepat menyebar di seanteros kampung hingga kini warga setempat mempercayai keberadaan legenda itu.

3. Danau Maninjau 

Terdapat sebuah legenda yang berkembang secara turun temurun di kalangan masyarakat setempat mengenai asal muasal dari Danau Maninjau.

BACA JUGA:5 Kota Terdingin di Sumatera Barat: Bukan Padang Juaranya, Tetapi Kota Ini

Legenda ini dikenal orang sebagai bujang sembilan yang menceritakan kisah 10 bersaudara kakak beradik yang terdiri dari 9 orang bujang dan seorang gadis.

Alkisah sang gadis menjalin kasih dengan pemuda bernama sigiran tetapi kisah cinta berujung dengan munculnya fitnah dari ke-9 bujang ini menuduh hubungan yang terjadi antara keduanya telah melampaui batas normal masyarakat dengan tujuan yang dilontarkan oleh ke-9 saudaranya.

Sang gadis beserta kekasihnya kemudian bersumpah keduanya akan melompat ke kawah Gunung tinjau atau sitinjau untuk membuktikan kesucian dari mereka.

Sebelum melompat mereka berkata dengan lantang jika mereka bersalah maka gunung tersebut tidak akan meletus tetapi jika mereka berdua tidak bersalah maka gunung tersebut akan meletus.

BACA JUGA:Indahnya Padang Mahsyar Bagi Ahli Sedekah di Hari Pembangkitan, Simak Ceramah Ustad Abdul Somad

Kisah ini pun berakhir dengan meletusnya gunung hijau sehingga membuktikan keduanya tidak bersalah dari letusan gunung itulah terbentuknya Danau Maninjau.

4. Danau Singkarak 

Danau Singkarak ternyata juga punya cerita yang melegenda.

Alkisah di negara Minangkabau hiduplah keluarga Pak Buyung bersama istrinya dan putranya bernama Indra sebagai anak laki-laki semata wayang.

BACA JUGA:Resep Sate Padang Kaya Rempah, Kuah Kentalnya Bikin Ngiler

Indra tumbuh sebagai anak yang rajin dan berbakti indera juga memiliki ayam peliharaan bernama taduang yang kerap menyambutnya dengan berkokok.

5. Danau Kembar 

Legenda Danau kembar berawal dari sebuah kisah dahulu hiduplah seorang nenek tua bernama Nindya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: