Honda

OKI Tanggap Darurat Karhutlah, Bupati Iskandar Intruksikan Tingkatkan Penanganan

OKI Tanggap Darurat Karhutlah, Bupati Iskandar Intruksikan Tingkatkan Penanganan

Bupati OKI turun ke lapangan mengkoordinasikan penanganan bencana karhutlah-PALPRES.COM-

KAYUAGUNG, PALPRES.COM - Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H Iskandar SE mengintruksikan seluruh stakeholder untuk meningkatkan upaya penanggulangan Karhulah di wilayah Bumi Bende Seguguk.

“Mengingat kondisi kemarau tahun ini lebih kering, lalu titik api dan kebakaran lahan terus bertambah, kita meningkatkan status dari siaga menjadi tanggap darurat,” ujar Iskandar yang memimpin langsung rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kantor Bupati OKI, Senin 11 September 2023.

Seiring peningkatan status penanganan bencana Karhutlah, ujar Iskandar, semua stake holder harus bergerak bahu membahu secara keroyokan.

“Kalau sudah tanggap darurat, artinya kita mengeluarkan seluruh sumber daya baik dari segi penanganan di lapangan, penanggulangan hingga pendanaan dan ini harus saling bantu, saling peduli,” cetus Iskandar.

BACA JUGA: WAJIB TAU! Ini 8 Cara Bikin Buah Sawit Lebih Berkualitas, Dijamin Petani Banyak Cuan

Iskandar mengapresiasi petugas dari unsur TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, RPK Perusahaan dan masyarakat peduli api yang berjibaku memadamkan lahan yang terbakar. 

“Kepada perusahaan sekitar konsesi, para camat/kepala desa ajak masyarakat agar tanggap dan peduli.

Kalau ada kebakaran segera padamkan sebelum membesar dan penting untuk disampaikan kepada masyarakat jangan membuka lahan dengan cara membakar,” pesan dia.

Kapolres OKI, AKBP Dili Yanto S.IK SH M.H mengatakan, upaya penanggulangan Karhutlah tidak hanya dibebankan kepada Satgas saja, namun butuh dukungan dari semua pihak.

BACA JUGA:Saldo DANA Gratis Rp100.000 dari Google, Tanpa Mengunduh dan Menginstal Aplikasi Tambahan, Begini Caranya

“Saya yakin kalau semua bergerak, Karhutlah mampu kita tanggulangi seperti tahun tahun sebelumnya.

Upaya-upaya penanggulangan harus kita tingkatkan,” tuturnya.

Sementara Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0402/OKI, Mayor CZI Saipul Anwar meminta semua pihak mendukung upaya penanganan Karhutlah terutama Satgas pemadaman lapangan.

“Sebagai bagian negara tentu kira harus saling dukung di situasi kebencanaan seperti ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: