Honda

Industri Hulu Migas Dukung Pengembangan Ekonomi Kreatif Sumbagsel

Industri Hulu Migas Dukung Pengembangan Ekonomi Kreatif Sumbagsel

Industri hulu migas di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan ekonomi kreatif dan UMKM.--

Menurut Ketua Umum Program Kapasitas Nasional III Tahun 2023 Erwin Suryadi, pendampingan oleh ketiga lembaga berkompeten tersebut bisa membangun memotivasi pelaku UMKM dalam meningkatkan kualitas serta kuantitas produk atau jasa yang dijual.

BACA JUGA:SKK Migas Setujui OPL SLO Tahap-4 WK Rokan, Tambah Investasi Hulu Migas Rp12.5 Triliun

Khususnya UMKM, lanjutnya, Forum Kapasitas Nasional memberdayakan layanan mitra KKKS, seperti e-commerce Tokopedia hingga layanan SUCOFINDO dan Petrotekno yang menunjang bisnis UMKM.

“SKK Migas mendorong UMKM di daerah menjadi lebih kompeten dan mandiri sehingga dapat berkiprah secara nasional bahkan internasional. Ini bentuk sumbangsih nyata industri hulu migas dalam meningkatkan kapasitas UMKM,” jelas Erwin.

Pada kesempatan tersebut, penyelenggara kembali menyerahkan sertifikat halal kepada 10 pelaku UMKM terpilih, yang tersebar di Jambi dan Sumatera Selatan.

Di sela-sela acara juga berlangsung penandatanganan kerja sama (PKS) antara PT Odira Energy Karang Agung dengan RSUD Siti Fatimah Palembang terkait layanan kesehatan, serta PKS antara Petrochina International Jabung Ltd dengan RSUD Raden Mataher Jambi, mengenai standar layanan MCU, Rawat Jalan, Rawat Inap dan fasilitas kesehatan lainnya, yang menyesuaikan kebutuhan industri hulu migas.

BACA JUGA:Gubernur dan SKK Migas Bentuk Tim Penanganan Pengelolaan Sumur Minyak Masyarakat, Muba Jadi Koordinator

Forum itu sendiri diikuti oleh 16 UMKM binaan 4 perusahaan KKKS, serta 50 perusahaan dalam negeri.

Dalam konteks pengembangan ekonomi kreatif, Kepala Divisi Prokom SKK Migas Hudi Suryodipuro menambahkan, industri hulu bisa berperan dalam hal pendanaan, pembinaan, pengembangan CSR dan pemasaran.

“Di beberapa tempat, perusahaan KKKS yang berkepentingan dalam pembinaan UMKM berperan sebagai product offtaker (pembeli produk atau komoditas dalam jangka panjang berdasarkan kontrak),” jelasnya

Di ajang tersebut, penyelenggara kembali mengkurasi UMKM terbaik dengan beberapa kategori.

UMKM Gerai Energi, binaan Pertamina Hulu Energi Jambi Merang didapuk sebagai pemenang video profil terbaik.

UMKM dengan penjualan terbanyak dimenangkan oleh Aroma Food, binaan Medco E&P.

Kategori desain booth terbaik diraih Anggrek Dewata X Boek Khaman binaan Pertamina EP Limau Field. UMKM Merasa binaan PetroChina memenangkan kategori kemasan produk terbaik .

Untuk perusahaan dalam negeri, panitia memilih PT Gas Solution sebagai peserta dengan booth terbaik. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: