Honda

Kemarau Melanda, Musibah Karhutla Merajalela, Forkompinda OI Gelar Ini

Kemarau Melanda, Musibah Karhutla Merajalela, Forkompinda OI Gelar Ini

Forkompinda dan masyarakat di Ogan Ilir menunaikan Sholat Istisqo serta Zikir dan doa bersama agar hujan segera turun-Wijdan-palpres.com

INDRALAYA, PALPRES.COM - Musibah kebakaran lahan yang sudah ratusan hektar di Kabupaten Ogan Ilir sehingga menyebabkan asap pekat, membuat udara di Ogan Ilir tidak sehat.

Kondisi itu menggerakkan hati para pimpinan Forkompinda dan masyarakat di Bumi Caram Seguguk, julukan Kabupaten Ogan Ilir, untuk menunaikan Sholat Istisqo serta Zikir dan doa bersama, di halaman Mapolres Kabupaten Ogan Ilir, Jumat 15 September 2023 pagi.

Tujuan kegiatan ini, untuk meminta Yang Maha Kuasa menurunkan hujan.

"Curah hujan yang sampai sekarang belum turun di Ogan Ilir, yang dirasakan saat ini telah terjadinya peningkatan kabut asap yang di timbulkan oleh kebakaran hutan dan lahan," ungkap Kasi Humas Polres Ogan Ilir, Iptu Abdul Haris.

BACA JUGA:INFO PENTING! Surat Resmi Kemensos Sudah Keluar, Bansos PKH Tahap 4 dan 5 Cair di Tanggal Ini

Dampak buruk yang dapat timbul dari pengaruh kabut asap terbakarnya hutan dan lahan, dapat menyebabkan terganggunya kesehatan.

"Yang bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan, seperti penyakit paru obstruktif kronik, penyakit jantung serta iritasi pada mata, hidung dan tenggorokan," terangnya.

Untuk mengatasi terjadinya karhutbunlah, katanya, berbagai cara telah dilakukan dari tingkat Polda dan tingkat Polres yang dilakukan bersama dengan jajaran TNI, pemerintah dan stakeholder yang terkait.

"Insya Allah dengan Sholat Istisqa dan doa serta dzikir ini, doa-doa kita terijabah," tukasnya.

BACA JUGA:TOP 7 Kampus Swasta Terbaik di Palembang Versi Webometrics, Segini Biaya Kuliahnya!

Turut hadir dalam kegiatan ini Bupati Ogan Ilir yang dalam hal ini diwakili oleh Sekda Ogan Ilir, Ketua DPRD, Pabung Dandim 02 /02 OKI-OI, Kepala Kejaksaan Ogan Ilir.

Hadir juga Kepala KUA, Ketua MUI Ogan Ilir, Forum Komunikasi umat beragama Ogan Ilir, lerwakilan BPBD, Sat Pol PP, Dishub Ogan Ilir, serta penceramah Ustadz Thoriq Al Hafizh selaku imam sekaligus penceramah.

"Sebagai umat yang beriman dan beragama, salah satu cara yang ditempuh adalah dengan cara memohon dan berdoa kepada Allah SWT," ujar Kapolres Ogan Ilir, AKBP Andi Baso Rahman.

Kapolres Ogan Ilir juga menyampaikan, dengan shalat dan zikir yang dilakukan ini menyakinkan kita semua bahwa kita adalah mahluk yang lemah dan tidak berdaya tanpa bantuan Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com