Honda

Deretan Masjid Megah Ini Dulunya Gereja, Salah Satunya Dibangun pada Abad ke-6

Deretan Masjid Megah Ini Dulunya Gereja, Salah Satunya Dibangun pada Abad ke-6

Masjid Hagia Sophia di Istanbul Turki-YouTube Smarthistory -

BACA JUGA:MERINDING! Ini Beberapa Tempat yang Konon Paling Berhantu di Asia Tenggara, di Indonesia Juga Ada

2. Cordoba Mosque Spanyol

Cordoba Mosque juga dikenal sebagai Great Mosque of Cordoba, awalnya merupakan sebuah Gereja Visigoth, sebelum menjadi masjid di Kota Cordoba, Spanyol.

Ketika Muslim Berber menaklukkan kota ini pada abad ke-8, gereja itu diubah menjadi masjid dan mengalami beberapa perluasan selama beberapa abad berikutnya. 

Cordoba Mosque terkenal dengan hutan pilar-pilarnya yang indah, dan campuran gaya arsitektur Islam dan Kristen yang unik.

BACA JUGA:6 Cara Jitu Lulus Tes SKB CPNS dan PPPK, yuk Dibaca!

3. Mezquita de Sevilla Spanyol

Mezquita de Sevilla juga dikenal sebagai Mosque-Cathedral of Córdoba, adalah bangunan yang unik dalam hal perpaduan arsitektur Islam dan Kristen. 

Semula berfungsi sebagai Gereja Visigoth, bangunan ini diubah menjadi masjid setelah penaklukan Spanyol oleh Muslim pada tahun 711 M.

Selama berabad-abad, masjid ini mengalami perluasan dan modifikasi, termasuk penambahan kapel-kapel Kristen di dalamnya setelah penaklukan Kristen di Spanyol. 

BACA JUGA:Habiskan Dana Rp30 Triliun, Jalan Tol Palembang-Bengkulu Menembus Bukit Barisan, Benarkah?

Hari ini Mezquita de Sevilla tetap berfungsi sebagai katedral dan merupakan salah satu daya tarik wisata utama di Sevilla.

4. Mosque of Cristo de la Luz Toledo Spanyol

Awalnya dibangun sebagai Gereja Visigoth pada abad ke-10, Mosque of Cristo de la Luz diubah menjadi masjid oleh orang Muslim setelah mereka menaklukkan Kota Toledo.

Bangunan ini merupakan contoh arsitektur Umayyah yang sangat terpelihara dengan baik di Spanyol, dengan dinding-dindingnya yang dihiasi dengan motif geometris dan sejumlah kubah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: