Honda

Crivisaya Ganjar Dorong Geliat UMKM Warga Musi Rawas Lewat Pelatihan Membuat Abon Ikan Lele

Crivisaya Ganjar Dorong Geliat UMKM Warga Musi Rawas Lewat Pelatihan Membuat Abon Ikan Lele

Crivisaya Ganjar Dorong Geliat UMKM Warga Musi Rawas Lewat Pelatihan Membuat Abon Ikan Lele--

MUSIRAWAS,PALPRES.COM- Sukarelawan Crivisaya Ganjar yang terdiri dari Generasi Alumni Muda Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Universitas Lampung (Unila) mendorong pertumbuhan UMKM warga Musi Rawas lewat pelatihan membuat abon ikan lele

Berkolaborasi dengan produsen Rumah Lele (RULE) bernama Yayuk Yuliani, pelatihan itu berlangsung di kawasan Danau Aur, Desa Sumber Jaya, Kecamatan Sumber Harta, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan pada Sabtu, 16 September 2023.

"Harapan kami warga bisa lebih kreatif dalam mengelola ikan lele tidak hanya sekedar budidaya saja, tetapi untuk meningkatkan UMKM di daerah sini terutama Musi Rawas," ujar Perwakilan Crivisaya Ganjar Sumsel, Agung Wahyudi. 

Mengutip data BPS.go.id, jumlah penduduk Kecamatan Sumber Harta pada tahun 2022 yakni sebanyak 18.695.

BACA JUGA:Sosok Ganjar Pranowo Dinilai Miliki Kriteria Pemimpin Ideal

Dari total masyarakat yang ada, sentra budidaya perikanan menjadi fokus strategis penghidupan dengan tingkat produksi mencapai 193,78 ton per hari. 

"Khususnya di Musi Rawas untuk di daerah Sumber Harta dan sekitarnya, masyarakat lebih dominan pada budidaya ikan dan persawahan. Jadi di daerah sini kita memfokuskan untuk lebih ke pengelolaan ikan terutama ikan lele," jelas Agung. 

Menurut Agung, UMKM di daerah Musi Rawas masih lesu dan belum menggeliat.

Karena itu, Civitas Ganjar ingin membangkitkan geliat UMKM warga dengan memanfaatkan sumber daya alam (SDA) yang ada dan melimpah ruah di daerah tersebut. 

BACA JUGA:Kenalkan Sosok Ganjar Pranowo ke Warga Desa Belatung OKU

Pihaknya pun memilih bahan dasar ikan lele yang akan diolah karena memang komoditas ikan lele menjadi panganan favorit warga sekitar. Selain harganya yang murah, cara pembudidayaan ikan lele juga relatif sangat mudah.  

Kegiatan ini juga sebagai sosialisasi sosok Ganjar Pranowo calon Presiden 2024 kepada warga setempat. Warga pun tampak sangat antusias menerima kehadiran sukarelawan Crivisaya Ganjar. 

Antusiasme itu dapat terlihat saat warga dan sukarelawan meneriakkan yel-yel "Crivisiya Ganjar Kemenangan Yang Gemilang, Ganjar Pranowo Presiden 2024" dengan gelora yang penuh semangat.* 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: