Honda

Bukit Seguntang sebagai potongan Gunung Mahameru, Tempat Datangnya Sang Sapurba

Bukit Seguntang sebagai potongan Gunung Mahameru, Tempat Datangnya Sang Sapurba

Bukit Seguntang sebagai potongan Gunung Mahameru, Tempat Datangnya Sang Sapurba-kolase-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Bukit Seguntang adalah sebuah tempat yang mempesona dan penuh sejarah di Palembang, Sumatera Selatan.

Tempat ini telah lama menjadi destinasi wisata populer bagi penduduk setempat dan wisatawan karena memiliki banyak daya tarik, mulai dari keindahan alam yang menakjubkan hingga keberagaman budaya yang kaya.

Bagi orang Melayu, sangat dianjurkan untuk mengunjungi Bukit Seguntang di Palembang, karena tempat ini dianggap sebagai akar budaya yang membentuk masyarakat Melayu.

Pasalnya, Bukit Seguntang diyakini sebagai tempat kedatangan Sang Sapurba, yang merupakan keturunan Iskandar Zulkarnain, sosok legendaris yang juga dikenal dalam sejarah Islam.

BACA JUGA:Bukit Siguntang Palembang: Jejak Sejarah Kejayaan Kerajaan Sriwijaya di Masa Lampau

Sang Sapurba, dalam cerita-cerita Melayu kuno, dikatakan memainkan peran penting dalam penyebaran budaya dan kearifan lokal di wilayah ini.

Hal ini disebutkan dalam buku sejarah melayu, kitab Sulalatus Salatin karya Perdana Menteri Kesultanan Johor Tun Sri Lanang pada 13 Mei 1612, sebuah naskah bersejarah yang mengungkapkan asal-usul keturunan Sang Sapurba.

Menurut kitab Sulalatus Salatin, Sang Sapurba adalah leluhur para raja Melayu di berbagai wilayah, termasuk Sumatra, Kalimantan Barat, dan Semenanjung Malaya.

Bukit Seguntang diyakini sebagai tempat kedatangan Sang Sapurba, yang merupakan keturunan Iskandar Zulkarnain, sosok legendaris yang juga dikenal dalam sejarah Islam.

BACA JUGA:Berlokasi di Kota Palembang, Destinasi Wisata Ini, Dikisahkan Pecahan Mahameru dari India Dibawa Dewa Wisnu

Sang Sapurba, dalam cerita-cerita Melayu kuno, dikatakan memainkan peran penting dalam penyebaran budaya dan kearifan lokal di wilayah ini.

Pandangan ini memperkuat peran Bukit Seguntang sebagai potongan Gunung Mahameru dalam kepercayaan Hindu-Buddha.

Gunung Mahameru dalam kepercayaan ini dianggap sebagai "pusat semesta," dan Bukit Seguntang dilihat sebagai refleksi miniatur dari tempat suci ini.

Bukit ini dianggap sebagai tempat yang sakral karena dianggap sebagai cikal bakal orang-orang Melayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: