Honda

5 Kiper Legendaris dan Tangguh Timnas Indonesia, Nomor 4 Sudah Tutup Usia

5 Kiper Legendaris dan Tangguh Timnas Indonesia, Nomor 4 Sudah Tutup Usia

Aksi heroik Achmad Kurniawan dalam mengamankan gawangnya supaya tidak kebobolan--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Pada setiap eranya Tim Nasional (Timnas) sepak bola Indonesia memiliki kiper legendaris dan tangguh, sejumlah nama penjaga gawang hebat tersebut sempat tampil gemilang dibawah mistar gawang sehingga membuat prustasi striker lawan untuk mencetak gol.

Berikut nama-nama kiper legendaris yang pernah mengamankan gawang Timnas Indonesia, yuk disimak!

1. Hendro Kartiko

Hendro Kartiko menjadi kiper utama Timnas Indonesia di Piala Asia 2000 dan 2004 serta secara reguler menjadi kiper nomor satu skuad Garuda.

BACA JUGA:5 Kiper Berdarah Indonesia Ini Jasanya Bisa Dipakai STY, Nomor 4 Malang Melintang di Liga Top Belanda

Pada dua edisi ini, Hendro Kartiko selalu menjadi man of the match pada setiap laga perdana Timnas Indonesia, bahkan di Piala Asia 2000 itu dia mendapat julukan Fabian Barthez dari Indonesia.

Mencatatkan sebanyak 60 kali penampilan, Hendro mengawal gawang Timnas Indonesia hingga ajang Piala AFF 2007, dengan rekor penampilannya, Hendro Kartiko pernah merasakan tiga final Piala AFF, yakni 2000, 2002, dan 2004.

2. Kurnia Mega

Karier sebagai penjaga gawang Kurnia Mega dimulai pada tahun 2006, saat itu dia bergabung dengan tim sepak bola Persijap U-18, lalu setahun kemudian dia masuk skuad inti Persijap U-21.

BACA JUGA:Pilih Indonesia atau Italia, Ini Jawaban Berkelas Calon Kiper Timnas Indonesia

Sedangkan perjalanan karier seniornya dimulai pada tahun 2008, di mana Kurnia Mega bergabung dengan tim sepak bola Arema Malang, dan uniknya sepankang karier Kurnia Mega hanya membela satgu klub saja yaitu Arema Malang, kemudian dia pensiun dari dunia sepak bola profesional pada tahun 2017.

Sementara dalam karier internasional, Kurnia Mega pertama kali mengenakan seragam Timna Indonesia pada tahun 2008 hingga 2017, dia tercatat pernah membela timnas U-19, U-21, U-23 dan timnas senior.

3. Markus Horison

Markus Haris Maulana atau dikenal dengan sebutan Markus Horison termasuk salah satu kiper legendaris yang pernah dimiliki Timnas Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: