Honda

Fakta Unik Ikan Saat Istirahat Berenang, Kebayang Gak Tidurnya Ikan Gimana?

Fakta Unik Ikan Saat Istirahat Berenang, Kebayang Gak Tidurnya Ikan Gimana?

Fakta Unik Ikan Saat Istirahat Berenang, Kebayang Gak Tidurnya Ikan Gimana? --Sumber: Pexels

PALEMBANG, PALPRES.COM - Ikan sebagai hewan bertulang belakang atau vertebrata membutuhkan waktu istirahat berenang atau tidur.

Namun terbayang gak tidurnya ikan seperti apa?

Seperti yang kita ketahui, setiap makhluk hidup baik itu manusia, hewan, dan tumbuhan memiliki waktu istirahat untuk memulihkan diri.

Istirahat yang dimaksudkan adalah tidur.

BACA JUGA:Pilih Indonesia atau Italia, Ini Jawaban Berkelas Calon Kiper Timnas Indonesia

Ikan juga tidur seperti makhluk hidup lainnya, meskipun ikan tidak memiliki kelopak mata untuk menutup matanya saat tidur.

Meskipun demikian, ikan tetap bisa tidur untuk mengistirahatkan tubuhnya.

Ikan memang tidak menutup mata saat tidur, akan tetapi ikan tetap bisa waspada dan lebih siap menghadapi ancaman dari lingkungan sekitar.

Dilansir dari berbagai sumber, hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa ikan memiliki kemampuan untuk mematikan setengah otak saat beristirahat.

BACA JUGA:Satu Lagi Pemain Naturalisasi Akan Merapat ke Timnas Indonesia, Ia Jebolan Espanyol, Siapa ya?

Hal ini disebut "istirahat otak ganda" dimana dalam kondisi ini setengah otak tetap aktif untuk mengawasi lingkungan, sementara setengah lainnya beristirahat.

Mereka mengalami masa relaksasi yang disebut “istirahat aktif” yaitu aktivitas fisik ikan melambat, namun tetap bergerak dalam kecepatan yang relatif lebih rendah.

Cara ikan tidur berbeda-beda, tergantung pada jenis dan ukuran ikan tersebut.

Ikan yang lebih besar seperti hiu mungkin berenang lebih lambat saat tidur, sedangkan ikan yang lebih kecil mungkin tidak bisa melakukan apa-apa selain sesekali menggerakkan siripnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: