Honda

Apriyadi Sukses Tingkatkan Komoditas Sawit di Muba, Ini Buktinya

Apriyadi Sukses Tingkatkan Komoditas Sawit di Muba, Ini Buktinya

Pj Bupati Muba, Apriyadi Mahmud, saat memeriksa tandan buah sawit di salah satu perkebunan di Musi Banyuasin.-Dinkominfo Muba-

BACA JUGA:Simak! 5 Bansos yang Cair Oktober 2023, Apa Saja?

Kami sedang mengusulkan agar retribusi thdp sewa alat berat ini dapat dikurangi, sehingga sangat membantu bagi pekebun apalagi pekebun yg kurang mampu,” ungkapnya.

Kemudian memberikan bantuan dan membantu pembelian bibit tersertifikasi, teknik aplikasi pemupukan, pendataan STDB bagi pekebun kelapa sawit swadaya, peningkatan kapasitas kelembagaan pekebun melalui pelatihan pelatihan oleh narasumber yang kompeten, fasilitasi kemitraan dalam rangka  memastikan harga petani mendapatkan harga jual yang baik sesuai standar harga Disbun.

"Dan yang paling penting sebagaimana diamanatkan dalam peraturan perundangan terkait kelapa sawit berkelanjutan (ISPO), maka direncanakan akan lakukan fasilitasi penerbitan sertifikat ISPO bagi lembaga pekebun swadaya yang akan menggandeng lembaga auditor independen ISPO yang sudah mendapat akreditasi dr Kementerian Pertanian " terang pria yang akrab disapa Ibir tersebut.

Dinas perkebunan Kabupaten Musi Banyuasin juga kata Ibir, melakukan pengawalan dalam penentuan harga TBS tingkat petani pekebun. 

BACA JUGA:Cairkan Bantuan Rp750.000 dari KIS PBI Bulan Oktober 2023, Cek Caranya di Sini

"Kita berperan aktif dan hadir secara langsung dalam Rapat Penetapan Harga Tandan Buah Sawit (TBS) Produksi Pekebun, yang nantinya menjadi pedoman harga kelapa sawit yang diterima oleh petani Pekebun," tukasnya.

Meningkatnya jumlah luasan kebun di Kabupaten Musi Banyuasin sendiri kata Ibir, dilatari meningkatkanya harga komoditas sawit di pasaran, ditambah banyak petani yang beralih menanam sawit. 

Namun, itu perlu kehadiran Pemerintah, terutama masyarakat yang hendak menanam sawit agar melaporkan kepada Pemerintah.

"Tujuannya agar kita bisa memberikan pendampingan, dari awal, kita dorong mereka juga memiliki kelembagaan, sehingga bantuan, termasuk akses permodalan bisa masuk. 

BACA JUGA:Suzuki Bertobat! All New Karimun Wagon R di Jual Murah, Buruan Datangi Dealer Terdekat

Kualitas juga meningkat, karena adanya pendampingan, bibit yang baik, teknik yang baik, dan mereka kita juga kita hadirkan pabrik, guna mendapatkan harga terbaik, ini memutus mata rantai tata niaga sawit, sehingga petani bisa terhindar tengkulak," tukasnya.

Diakuinya, kendala yang masih dihadapi adalah bagaimana masyarakat yang sudah terlanjur panen, apalagi yang sudah terikat tengkulak. 

"Ini yang kita cari formulasi dan benahi pelan-pelan," tandasnya.

Sementara Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud mengatakan, pihaknya berkomitmen meningkatkan kesejahteraan petani sawit di Musi Banyuasin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dinkominfo muba