Honda

Ini Empat Bahasa yang Penuturannya Signifikan di Pagaralam, Nomor 4 Ternyata Populer Loh

Ini Empat Bahasa yang Penuturannya Signifikan di Pagaralam, Nomor 4 Ternyata Populer Loh

Bahasa paling banyak penuturnya tentunya bahasa Besemah dari suku penutur aslinya suku Besemah-Palpres.com -palpres.com

Di kawasan Gunung Dempo baik Kelurahan Dempo Makmur atau Kelurahan Gunung Dempo adalah kawasan yang sangat kental nuansa Jawanya.

Bahkan di kecamatan-kecamatan di pelosok Dempo Utara, Tengah, dan Selatan banyak juga perkampungan yang mayoritas suku Jawa ini.

4. Bahasa Lintang

Sebagai bahasa yang paling dekat kekerabatannya dari pada bahasa lain, penutur bahasa Lintang di Kota Pagaralam ini juga cukup banyak tersebar di setiap kawasan terutama di Kecamatan Pagaralam Selatan dan Pagaralam Utara.

BACA JUGA:Bermental Baja! 3 Zodiak Ini Punya Kesabaran Setebal Kamus Bahasa Inggris, yang Bullying Auto Kena Mental

Masyarakat Lintang dari Kabupaten Empat Lawang ini banyak yang menetap dan bermukim di kawasan Tebat Baru, Kelurahan Tebat Giri Indah, Pagaralam Selatan.

Selain itu banyak juga yang telah turun temurun tinggal di seputaran Jambat Beringin, Kecamatan Pagaralam Utara, ada juga beberapa lokasi lain yang cukup tersebar. Di kawasan tiga kecamatan Dempo juga ada meskipun tidak terlalu mencolok.

Penutur bahasa Lintang ini cukup kental penuturan bahasanya, bahkan saat berbicara dengan orang bukan sukunya mereka masih tetap menggunakan bahasa mereka. Karena itu bahasa ini cukup populer di Kota Pagaralam.

Itulah bahasa yang setiap hari bisa terdengar terutama di daerah perkotaan di Pagaralam, Bahasa yang banyak penuturnya dan punya kawasan bahasa sendiri.

BACA JUGA:‘Jadi Oncak Wong Kito’ Ini 30 Bahasa Sehari-hari yang Biasa Digunakan Orang Palembang

Sebetulnya ada juga bahasa lain yang penuturnya cukup banyak seperti bahasa Minang, bahasa Sunda, atau bahasa dari Manna (Serawai), Bengkulu juga penutur bahasa Indonesia dan beberapa bahasa daerah lain.

Tetapi yang cukup dominan dan punya kawasan bahasa berupa perkampungan pengguna bahasa tersebut adalah 4 bahasa tadi. Nah, adakah bahasa di atas yang kamu pahami? KOE

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com