Honda

Cara Membedakan Ulekan Atau Cobek Asli dan Palsu, Kalau Salah Bakal Bahaya, Kok Bisa?

Cara Membedakan Ulekan Atau Cobek Asli dan Palsu, Kalau Salah Bakal Bahaya, Kok Bisa?

Ulekan atau cobek merupakan alat dapur yang berguna untuk membuat sambal, menghaluskan dan mencampur bumbu masakan-freepic-Palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM – Ulekan atau cobek merupakan alat dapur yang berguna untuk membuat sambal, menghaluskan dan mencampur bumbu masakan.

Alat sederhana ini telah digunakan secara turun temurun dari nenek moyang kita dulu.

Walaupun sekarang ini sudah ada blender yang dapat dengan lebih mudah menghancurkan bumbu masakan, akan tetapi biasanya untuk membuat sambal orang akan tetap memilih ulekan atau cobek.

BACA JUGA: 8 Cara Jitu Bedakan Antara Cobek Asli dan Palsu

Karena banyak para ibu rumah tangga mengaku kalua sambal yang dihaluskan dengan menggunakan cobek memiliki cita rasa khas yang lebih enak dan sedap.

Istilah ulekan merujuk kepada benda tumpul memanjang seperti pentungan yang dapat digenggam tangan untuk menumbuk atau mengulek suatu bahan.

Sedangkan istilah Cobek merujuk kepada sejenis mangkuk sebagai alas untuk meletakkan bumbu yang akan ditumbuk.

BACA JUGA:8 Tanda Ini Menentukan Cobek Asli atau Palsu, Emak-emak Harus Tahu

Bahan yang baik untuk membuat ulekan atau cobek biasanya dibuat dari bahan yang keras, misalnya kayu keras, batu, keramik, atau logam (kuningan atau baja antikarat). 

Di Indonesia biasanya bahan yang lazim digunakan adalah batu alam, batu kali, atau batu andesit (batu vulkanik gunung berapi).

Sayangnya, saat ini sangat sulit menemukan ulekan/cobek batu asli di beberapa daerah, terutama di kota besar.

BACA JUGA:Katalog Promo BESTIE Transmart Periode 28 Juli-3 Agustus 2023, Beli Blender Hanya Rp300 ribuan!

Kebanyakan ulekan atau cobek yang tersedia adalah ulekan atau cobek yang berbahan dasar pasir dan semen yang kemudian dibentuk menjadi ulekan atau cobek

Bagaimana cara membedakan ulekan atau cobek yang terbuat dari batu

asli dan ulekan atau cobek yang terbuat dari semen dan pasir?

BACA JUGA:BNNP Sumsel Blender Sabu 4,9 Kg dan Bakar 6,5 Kg Ganja

1. Warna ulekan cobek batu asli dan ulekan cobek semen juga berbeda, cobek batu asli kalau kering itu warnanya abu, tetapi pas basah warnanya agak menghitam.

Semakin sering digunakan akan menjadi hitam mengkilap, sedangkan ulekan atau cobek semen biasanya berwarna hitam pekat saat kering.

2. Ulekan atau cobek yang terbuat dari batu asli biasanya memiliki bentuk yang tidak terlalu rapi, sedangkan ulekan atau cobek yang terbuat dari semen bentuknya rapi karena dibuat menggunakan cetakan.

BACA JUGA:Tanpa Bantuan Alat! Ini 4 Cara Mudah Membedakan Antara Emas Asli dan Iritasi, Buruan Cek Milikmu

3. Ulekan atau cobek yang terbuat dari batu asli biasanya lebih berat, sedangkan ulekan atau cobek yang terbuat dari semen biasanya lebih ringan

4. Untuk harga, ulekan atau cobek yang terbuat dari batu asli harganya dibanderol lebih mahal, mengingat bahan untuk membuatnya yang susah didapat. 

Sedangkan ulekan/cobek yang terbuat dari semen harganya lebih murah karena bahan untuk membuatnya tersedia banyak dijual di toko bangunan.

BACA JUGA:Tongseng Asli Solo Ini Hits di Jakarta, Katanya Sering Didatangi Pak Jokowi

Ulekan/Cobek bermutu baik menurut ahli bukan berwarna hitam, melainkan abu-abu seperti warna alami batu. 

Jika menemukan ulekan atau cobek berwarna hitam, agaknya harus dicurigai keasliannya karena umumnya warna hitam didapat dari cat.

Sebaiknya kita menggunakan ulekan atau cobek batu, karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan ulekan atau cobek yang terbuat dari semen.

BACA JUGA:Ini loh 3 Jenis Hewan Asli Endemik Indonesia yang Terancam Punah, Nomor 2 Ada Burung Jalak Bali

Salah satunya, ulekan atau cobek batu lebih awet dan bahan dari batu tidak akan ikut menempel pada bumbu yang dihaluskan.

Kita sebaiknya menghindari ulekan atau cobek yang terbuat dari semen karena Campuran kimia semen dapat berbaur dengan makanan yang dihaluskan dalam ulekan atau cobek.

Serta penggunaan cat hitam akan ikut termakan bersama bahan yang di ulek.

BACA JUGA:Indahnya Bela Diri Asli Lintang Ini, Konon Sudah Ada Sejak Masa Si Pahit Lidah

Coba bayangkan kalau kita konsumsi campuran ini setiap hari karena terkandung dalam makanan kita? tentunya kesehatan anggota keluarga akan menjadi taruhannya, terutama gangguan pada kesehatan anggota keluarga. 

Jadi kamu harus berhati-hati dalam memilih ulekan atau cobek. *

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com