Honda

GAWAT! Karhutla di Ogan Ilir Kian Parah, Lahan Terbakar Lebih dari 900 Hektar

GAWAT! Karhutla di Ogan Ilir Kian Parah, Lahan Terbakar Lebih dari 900 Hektar

Petugas saat berjibaku memadamkan amukan api di salah satu titik karhutla di Ogan Ilir.-Wijdan-palpres.com

INDRALAYA, PALPRES.COM – Kondisi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Ogan Ilir (OI), sungguh membuat hati miris.

Bagaimana tidak, hingga saat ini karhutla di Ogan Ilir sudah menyentuh 917 hektar lahan, dari 214 kali kejadian.

Demikian disampaikan langsung oleh Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Ilir, Edy Rahmat.

"Luasan lahan yang terbakar (917 hektar, red) dan kejadian yang ada itu sejak Januari hingga bulan Oktober 2023 ini," ujar Edi Rahmat, Kamis 05 Oktober 2023.

BACA JUGA:SELAMAT! KPM PKH dan BPNT Bakal Mendapatkan 2 Bansos Tambahan Cair Oktober Ini, Langsung Cek Nama Anda di Sini

BACA JUGA:5 Mobil Murah yang Bisa Bikin Kamu Males Ganti Mobil Lagi

Dikatakan Edy Rahmat, 917 hektar lahan terbakar tersebut didominasi di empat Kecamatan, seperti Kecamatan Indralaya, Indralaya Utara, Pemulutan, dan Pemulutan Barat.

"Kebakaran lahan ini lebih diakibatkan ulah manusia, kalau dipersentasikan 99 persen ulah manusia, hanya satu persen faktor alam," ungkapnya.

Dengan banyaknya lahan yang sudah terbakar ini, menurut dia, sudah mulai mengganggu aktivitas masyarakat, dan mengancam pemungkim warga.

Bahkan asap hasil kebakaran lahan dan hutan ini juga sudah sangat menganggu fasilitas umum lainnya, seperti jalan raya dan jalan tol yang ada di Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Solusi UMKM, Ada Bansos Modal Usaha dari Pemerintah Rp5 Juta, Daftarkan Diri Anda

BACA JUGA:Alhamdulillah, BLT PKH dn BPNT September - Oktober Cair Duluan ke Rekening Berikut Mulai Minggu Ini

"Kita sudah mendirikan posko karhutla di empat kecamatan dan 14 desa rawan kebakaran, tujuannya untuk memonitor kebakaran dan juga mempermudah koordinasi Satgas Karhutla," terangnya.

Lebih lanjut katanya, saat ini aktivitas yang dapat memicu api dapat dengan mudah menimbulkan api. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: