Honda

6 Tanda Orang yang Cerdas Secara Emosi, Nomor 5 Tak Banyak yang Menyadarinya

6 Tanda Orang yang Cerdas Secara Emosi, Nomor 5 Tak Banyak yang Menyadarinya

Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali, memahami, mengelola, dan menggunakan emosi dengan efektif-Foto: Freepik-palpres.com

PALEMBANG – Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali, memahami, mengelola, dan menggunakan emosi dengan efektif.

Kemampuan ini sama pentingnya dengan kecerdasan intelektual dalam membantu seseorang berfungsi dengan baik, dalam kehidupan sehari-hari dan berinteraksi dengan orang lain.

Tanda-tanda seseorang yang cerdas secara emosi mencakup berbagai aspek yang menunjukkan kematangan emosional dan kepekaan terhadap perasaan diri sendiri dan orang lain.

Cerdas secara emosi atau EQ (Emotional Quotient), menurut Goleman (2017), kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang mengatur dan menjaga emosi.

BACA JUGA:Apa Sih Cerdas Emosional? Banyak Orang Yang Salah Kaprah Loh, Yuk Kenali 10 Tandanya

Serta pengungkapan melalui kesadaran diri, pengendalian diri, empati, motivasi diri, dan keterampilan sosial.

Kecerdasan ini memang bukanlan bawaan dari lahir melainkan sesuatu yang bisa dipelajari, semua manusia bisa memiliki EQ tinggi.

Tapi tidak semua manusia yang bisa bertahan dalam proses belajar untuk mendapatkan EQ tinggi.

Jadi setiap orang berkesempatan, maka dari teguhkan niat mu untuk berproses terus menurus belajar menjadi pribadi yang lebih baik.

BACA JUGA:5 Fakta Menarik tentang Lumba-lumba, ternyata Hewan Cerdas yang Bisa Hidup Hingga 60 Tahun

Kecerdasan emosional (EQ) adalah suatu hal yang penting bagi manusia. Hal ini karena yang memiliki EQ tinggi, gak gampang menyerah, gak gampang putus asa, serta kebanyakan dari mereka menjadi orang yang sukses.

Berikut adalah beberapa tanda orang yang cerdas secara emosi (EQ):

1. Berempati

Orang yang memiliki EQ tinggi, bisa berempati dengan orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com