Honda

Gelar Syariah Festival Sriwijaya, Ini 3 Fokus Bank Indonesia untuk Memperkuat Ekonomi Syariah di Sumsel

Gelar Syariah Festival Sriwijaya, Ini 3 Fokus Bank Indonesia untuk Memperkuat Ekonomi Syariah di Sumsel

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Sumsel, Ir Basyaruddin Akhmad MSc memukul bedug tanda dibukanya gelaran SYAFARI 2023-BI Sumsel-

PALEMBANG,PALPRES.COM- Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali menggelar agenda tahunan Syariah Festival Sriwijaya (SYAFARI) dalam rangka mendukung penguatan ekonomi syariah di Provinsi Sumsel.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari mulai 6 hingga 8 Oktober 2023 di atrium Palembang Square Mall. 

Mengusung tema ‘Penguatan Ekonomi dan Keuangan Syariah Melalui Digitalisasi untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Selatan yang Inklusif’ berbagai rangkaian acara berlangsung selama 3 hari tersebut mulai dari show casing program ekonomi dan keuangan syariah dari perbankan, workshop ekonomi syariah, fashion show wastra khas Sumatera Selatan yang berkolaborasi dengan designer  lokal, hingga berbagai hiburan dan perlombaan menarik lainnya. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Ricky P. Gozali, mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia didorong oleh populasi muslim yang tinggi serta terus meningkatnya kesadaran akan prinsip-prinsip ekonomi syariah. 

BACA JUGA:Pastikan Inflasi Tetap Rendah, Bank Indonesia Pertahankan BI7DRR Sebesar 5,75 Persen

Hal ini tercermin dari terus tumbuhnya industri makanan halal, pariwisata halal, serta sektor keuangan syariah. 

“Guna mengimplementasikan pengembangan ekonomi syariah, Bank Indonesia menilai terdapat tiga fokus utama yang perlu diperkuat,”ungkap Ricky P Gozali saat pembukaan SYAFARI, Jumat 7 Oktober 2023. 

Pertama adalah inovasi yang berkaitan dengan kebijakan maupun instrumen pendanaan dan pembiayaan syariah. 

Kedua adalah digitalisasi yang akan mendorong akses perbankan bagi masyarakat. 

Ketiga adalah sinergi pengembangan ekonomi syariah.

BACA JUGA:Ini yang Dilakukan Bank Indonesia Jaga Inflasi Tetap Rendah Hingga Akhir Tahun 2023

Beberapa tahun terakhir, BI Sumsel telah bersinergi dengan instansi dan lembaga terkait untuk melakukan berbagai program kerja yang berlandaskan kepada 3 pilar utama yaitu (i) penguatan ekosistem halal, (ii) penguatan keuangan syariah, dan (iii) penerapan halal lifestyle. 

Di pilar penguatan ekosistem halal, BI Sumsel turut memperkuat kemandirian ekonomi pesantren melalui peningkatan kapasitas usaha; dan aktif dalam mendorong sertifikasi produk halal berkoordinasi bersama Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). 

Selanjutnya pada pilar penguatan keuangan syariah, BI Sumsel telah melakukan edukasi pengembangan ekonomi syariah kepada sejumlah pesantren dan mahasiswa; dan turut mengajak Perbankan Syariah untuk mendorong literasi keuangan syariah melalui sosialisasi yang terbuka untuk seluruh masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: