Honda

Jangan Lupa Pasang Alarm! Ini Waktu Terbaik untuk Sholat Dhuha

Jangan Lupa Pasang Alarm! Ini Waktu Terbaik untuk Sholat Dhuha

Waktu Terbaik untuk Sholat Dhuha-freepik-

PALEMBANG, PALPRES.COM – Jangan lupa buat pasang alarm ya, ini waktu terbaik untuk sholat dhuha

Melaksanakan sholat dhuha tak bisa sembarangan ya guys, ada waktu yang di anjurkan untuk melaksanakan sholat ini.

Nah kira-kira kapan waktu itu, simak artikel ini hingga tuntas ya.

Salat Dhuha merupakan salat sunnah yang dikerjakan di pagi hari. 

BACA JUGA:Bolehkah Perempuan Sholat Jum’at? Ini Kata Buya Yahya

Dalam ilmu kesehatan gerakan Sholatyang teratur dapat menguatkan otot, sendi dan memiliki efek yang luar biasa terhadap sistem kadiovaskular. 

Terlebih lagi sholat Dhuha yang dilakukan di waktu pagi dapat membantu kita untuk mempersiapkan hari meghadapi serangkaian kegiatan sehari-hari.

Selain itu sholatDhuha juga dapat menangkal stress lho!

Berikut waktu yang bagus untuk melaksanakan Sholat Dhuha:

BACA JUGA:Sholat Istisqo, Untuk Meminta Hujan, Berikut Tata Cara, Bacaan Niat dan Jumlah Rakaat

Berdasarkan hadist yang berbunyi Sholat Dhuha memiliki keutamaan sebagai pembuka pintu rezeki. 

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تَعْجِزْ عَنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ

yang artinya : Allah Ta'ala berfirman: "Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka'at salat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang." (HR Ahmad).

Sedangkan waktu terbaik untuk melaksanakan Sholat Dhuha ialah diakhir waktu, tepatnya pada saat matahari akan segera tergelincir ke barat sebagaimana di jelaskan dallam hadist di bawah ini :

أَنَّ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ رَأَى قَوْمًا يُصَلُّونَ مِنَ الضُّحَى فَقَالَ أَمَا لَقَدْ عَلِمُوا أَنَّ الصَّلاَةَ فِى غَيْرِ هَذِهِ السَّاعَةِ أَفْضَلُ. إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « صَلاَةُ الأَوَّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ » أخرجه مسلم

Artinya: "Dari Zaid bin Arqam, bahwa ia melihat orang-orang mengerjakan Salat Dhuha (pada waktu yang belum begitu siang), maka ia berkata: "Mereka mungkin tidak mengetahui sholat dhuha pada selain saat-saat seperti itu adalah lebih utama, karena sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: "Shalatnya orang-orang yang kembali kepada Allah (al-Awwabin) adalah pada waktu anak-anak unta sudah bangun dari pembaringannya karena tersengat panasnya matahari." (HR Muslim).

 Untuk batas waktu mengerjakan Sholat Dhuha, menurut Syaikh Ibnu Ustmani dalam Syarh Al Arba'in An Nawawiyah, ialah sekitar 5 sampai 10 menit sebelum waktu Salat dzuhur atau menjelang tengah hari sekitar pukul 12.30 WIB. 

Dengan kata lain batas mengerjakan Sholat Dhuha yaitu sebelum masuk waktu Salat Dzuhur. 

"Sedangkan batas waktu Salat Dhuha adalah sebelum Salat Dzuhur. Mengenal hal ini ada beberapa riwayat yang perlu diketahui. Misalnya dari Zaid bin Arqam yang menceritakan di melihat orang-orang Sholat Dhuha pada waktu yang belum begitu siang," tulis buku Sholat Dhuha Dulu, Yuk karya Imron Mustofa. 

BACA JUGA:Meraup Pahala Sebesar Dunia dan Seisinya Dengan Sholat Sunnah Fajar, Ini Niat dan Doa yang Bisa Dibaca

Berikut ini Doa Sholat Dhuha

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya: "Ya Allah, bahwasannya waktu dhuha itu adalah waktu dhuha-Mu, dan keagungan itu adalah keagungan-Mu, dan keindahan itu adalah keindahan-Mu, dan kekuatan itu adalah kekuatan-Mu, dan perlindungan itu adalah perlindungan-Mu. 

Ya Allah, jika rizkiku masih di atas langit, maka turunkanlah, jika masih di dalam bumi, maka keluarkanlah, jika masih sukar, maka mudahkanlah, jika haram, maka sucikanlah, jika masih jauh, maka dekatkanlah, Berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-MU yang sholeh".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: