Honda

Pertamina Drilling Berhasil Selesaikan External Casing Cutter Sumur Eksplorasi di Kalimantan Timur

Pertamina Drilling Berhasil Selesaikan External Casing Cutter Sumur Eksplorasi di Kalimantan Timur

PT Pertamina Drilling Services Indonesia (Pertamina Drilling) anak usaha dari PT Pertamina Hulu Energi (PHE) berhasil menyelesaikan pekerjaan external casing cutter terhadap sumur eksplorasi offshore PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM).-Istimewa-

KALIMANTAN TIMUR, PALPRES.COM- PT Pertamina Drilling Services Indonesia (Pertamina Drilling) anak usaha dari PT Pertamina Hulu Energi (PHE) berhasil menyelesaikan pekerjaan external casing cutter terhadap sumur eksplorasi offshore PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM).

Bertempat di Sumur TDE C-1x.T1, Barge Sea Haven 7 dibawah naungan PHM. 

Berlokasi di Delta Mahakam, Kalimantan Timur, pekerjaan ini merupakan kali pertama Pertamina Drilling menggunakan teknologi external casing cutter.

Dalam proyek ini, teknologi external casing cutter digunakan dalam tahap akhir prosedur well plug and abandonment.

BACA JUGA:Hore, Pertamina Drilling Menangkan Kontrak dengan Exxonmobil, Lapangan Banyu Urip Bakal Digarap Kembali

Yaitu proses memotong, mencabut peralatan, dan menutup lubang sumur guna memenuhi standar internasional dalam prosedur tersebut.

Secara teknis, kapasitas teknologi external casing cutter mampu memotong beberapa pipa yang tersemen dengan diameter 16-38 inci.

“Selain dapat digunakan dalam pekerjaan well plug and abandonment, teknologi external casing cutter juga dapat digunakan untuk memotong pipeline dan kaki atau jacket platform,” tutur Setiohadi selaku Project Support Coordinator Pertamina Drilling.

Boris Styward selaku Drilling Specialist Pertamina Drilling mengatakan bahwa karena proyek ini adalah kali pertama Pertamina Drilling menggunakan teknologi external casing cutter, terdapat beberapa tantangan dalam eksekusinya.

BACA JUGA:Binaan Pertamina EP Cepu Panen Raya Padi Organik, Sosok Nomor 1 di Blora Hadir Langsung

“Karena sebelumnya Pertamina Drilling belum pernah menggunakan teknologi external casing cutter dan alat yang digunakan dalam pekerjaan ini relatif baru, hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi Pertamina Drilling,” ujar Boris.

Reinhard Aberson Panjaitan selaku Manager Unconventional dan Non RigServices Pertamina Drilling berharap bahwa keberhasilan penyelesaian pekerjaan ini dapat menjadi awal pembuka bagi Pertamina Drilling untuk dapat terus mendukung program kerja pemboran dan kerja ulang di PHM.

PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI), dan Subholding Upstream sehingga mampu memperluas pasar jasa Pertamina Drilling pada masa mendatang.

Sekilas Pertamina Drilling

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: