Honda

Jalankan Inovasi Efisiensi Energi, Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina Raih 5 Penghargaan Subroto 2023

Jalankan Inovasi Efisiensi Energi, Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina Raih 5 Penghargaan Subroto 2023

Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina Raih 5 Penghargaan Subroto 2023.-Istimewa-

JAKARTA, PALPRES.COM - Berkomitmen jalankan upaya dekarbonisasi dan efisiensi energi dalam aktivitas produksi migas, Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina konsisten kembangkan terobosan baru. 

Melalui beberapa inovasi yang dipatenkan, tiga operator wilayah kerja Regional Jawa yakni PHE ONWJ, PHE OSES dan Pertamina EP area Jawa bagian barat, berhasil sabet Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi dari Kementerian ESDM.

Sebanyak 5 piagam diperoleh atas beberapa capaian inovasi, salah satunya dalam mengoptimalkan  kinerja  kompresor  gas  yang  dijuluki  LEBAH  (Implementasi  Liquid Elimination Based On Phase Envelope) seperti yang dilakukan PHE ONWJ. 

Begitu pula dengan PHE OSES, perusahaan ini mengangkat inovasi efisiensi energi dan peningkatan keandalan distribusi listrik di operasi migas lepas pantai menggunakan Voltus-V. 

BACA JUGA:Fantastis, Grup Pertamina Hulu Indonesia Borong 11 Penghargaan Subroto 2023, Ini Nama Kategori Penghargaannya

Sedangkan di wilayah kerja migas onshore, Pertamina EP (PEP) area Jawa bagian barat melalui ketiga  lapangannya  yakni  di  Tambun,  Subang  dan  Jatibarang mengimplementasikan inovasi Pilitem (Pipa Lilit Tembaga) untuk optimalisasi energi eksisting untuk meningkatkan produksi kondensat.

Inovasi penggunaan metode dan alat  Tulip  (Tubing  Relief  Plug).

Peningkatan  kualitas  sales gas  dengan  aplikasi Zeolite.

Sejalan dengan mandat untuk mencapai target penurunan emisi karbon di sektor energi seperti yang disampaikan Kementerian ESDM.

BACA JUGA:3 Perusahaan Pertamina Zona 9 Terima Penghargaan Subroto 2023, Ini Nama Perusahannya

Melalui program dekarbonisasi selama semester pertama 2023, Regional Jawa berhasil mengurangi  emisi  Gas Rumah  Kaca  (GRK)  sebesar  190.919  ton  CO2e,  salah  satunya  melalui  penerapan efisiensi gas fuel. 

Mengulas sekilas terkait metode LEBAH yang dikembangkan oleh PHE ONWJ, inovasi ini merupakan solusi untuk mengeliminasi cairan yang masuk ke sistem kompresor di anjungan lepas pantai Bravo, sehingga dapat memaksimalkan performa kompresor gas. 

“Hasil utama yang diharapkan dari inovasi ini adalah peningkatan efisiensi energi dari own used gas karena kompresor gas dapat beroperasi secara maksimal,” ungkap Muhamad Arifin, General Manager PHE ONWJ. 

Sebelumnya, operasional di anjungan Bravo mengalami kendala pada GTC (Gas Turbine Compressor) yang diakibatkan oleh penurunan kinerja kompresor. Penurunan performa kompresor gas sendiri disebabkan adanya fase liquid yang terbawa masuk ke dalam kompresor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: