Honda

Alhamdulillah, Rice Cooker Gratis Mulai Dibagikan ESDM, Bulan Ini Ada 53 Ribu Penerima

Alhamdulillah, Rice Cooker Gratis Mulai Dibagikan ESDM, Bulan Ini Ada 53 Ribu Penerima

irektur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman Hutajulu saat menyaksikan penyerahan Alat Memasak Berbasis Listrik di Kelurahan Pulo Gebang, Jakarta Timur, Selasa 12 Desember 2023-dok esdm.go.id-

JAKARTA.PALPRES.COM - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) segera membagikan alat memasak berbasis Listrik (AML) atau yang akrab dikenal dengan Rice Cooker kepada masyarakat di Indonesia yang berhak menerima program bantuan ini. 

Hal ini berdasarkan amanat Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2023, dimana Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan telah melaksanakan proses penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik (AML) yang diusulkan berdasarkan validasi dari kepala desa/lurah atau pejabat daerah setempat di seluruh Indonesia.

"Sebagai progres pada tahap awal, distribusi AML pada bulan Desember ini akan dilakukan kepada 53.161 Rumah Tangga yang tersebar di 26 provinsi," ujar Jisman Hutajulu selaku Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman Hutajulu dalam siaran press di laman resmi kementerian ESDM. 

Menurut Jisman, setelah proses validasi dari kepala desa/lurah atau pejabat daerah selesai, maka dilakukan verifikasi dan validasi yang melibatkan PT PLN (Persero) dan PT PLN Batam.

BACA JUGA:Rezeki Nomplok! Bansos PKH dan BPNT Cair Sekaligus di KKS, Cek 5 Bantuan Sosial yang Cair November 2023

BACA JUGA:Cek Jadwal Penyaluran Bansos PKH dan BPNT Tahp 5 di Link Ini, Ada Bantuan Pangan Bertambah?

Lebih lanjut, Jisman mengatakan jika nantinya dilakukan penetapan wilayah pendistribusian AML oleh Menteri ESDM melalui Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, terkait pengadaan melalui e-katalog, dan pendistribusian yang melibatkan PT Pos Indonesia dan/atau badan usaha lain.

Jisman juga mengungkapkan jika ada lima merek AML yang telah memenuhi spesifikasi pada e-katalog dari beberapa badan usaha yang mengikuti proses pengadaan AML ini.

Kelima merek tersebut yakni Cosmos, Maspion, Miyako, Sanken, dan Sekai. 

“AML yang akan didistribusikan memiliki kapasitas 1,8-2,0 liter, mencantumkan label Standar Nasional Indonesia (SNI) dan hemat energi, serta memenuhi ketentuan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN),” ujar Jisman saat menyaksikan penyerahan Alat Memasak Berbasis Listrik di Kelurahan Pulo Gebang, Jakarta Timur, Selasa 12 Desember 2023.

BACA JUGA:Cek Nama Anda, Ada Bantuan Tambahan Beras dan Daging untuk KPM yang Telah Tersalurkan

BACA JUGA:Segera Cek Nama Anda! 4 Jenis Bantuan Sosial Siap Disalurkan untuk KPM

Selain itu, ia juga menyampaikan jika Kementerian ESDM akan berupaya untuk mencapai target program penyediaan AML bagi 500.000 Rumah Tangga pada tahun 2023 ini yang mana direncanakan nanti akan tersebar di 36 provinsi.

Saat ini, Pemerintah tengah mematangkan data calon penerima AML yang ditargetkan selesai pada pertengahan Desember 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: