Honda

Mengapa Sales Sering Diremehkan Klien? Ini Penyebabnya Menurut Pakar Marketing James Gwee

Mengapa Sales Sering Diremehkan Klien? Ini Penyebabnya Menurut Pakar Marketing James Gwee

Pakar marketing dan trainer marketing James mengatakan, meski sales datang dengan sopan dan dengan niat untuk mendapatkan order dari klien, perlakuan tak menyenangkan.-YT/James Gwee Official-

Yang anda bawa kepada klien adalah solusi. 

Jadi kalau anda bawa solusi, berarti klien mau menerima solusi kita kalau dia ada masalah. 

Jadi orang sales jangan mau tawarkan produk anda atau jasa anda, sebelum anda tahu masalah yang dialami klien. 

Jadi klien beli produk anda, tapi tangannya di bawah. 

Anda yang terima pembayaran, tangan anda diatas.  

Bisa begitu? 

Kalau ada suatu skenario, dia punya masalah, kita punya solusi. 

Jadi ketika anda mendatangi klien, jangan ceritakan produk anda dulu.

Luangkan waktu untuk mencari masalahnya dahulu, kekhawatiran klien tersebut apa dan unek-uneknya dengan supplier itu apa.

Setelah klien menyampaikan masalahnya, maka produk anda merupakan solisi buat dia. 

Dengan demikian, pandangan dia terhadap anda, bukan lagi menjadi orang yang menganggu dia, melainkan orang yang menyelamatkan dia.

Anda bukan lagi orang yang minta sesuatu pada dia tapi orang yang memberi sesuatu kepada dia. 

Akibatnya, anda tidak lagi menjengkelkan tapi justru dia berterimakasih kepada anda. 

“Begitu juga yang saya lakukan selama 27 tahun menjadi trainer marketing, saya yang lebih dulu tanyakan kepada klien, apa masalah yang dihadapi klien, dan saya yang tentukan training yang seperti apa yang saya perlu berikan kepada klien tersebut,” tuturnya.  

Jadi kebanyakan sales tidak melihat dirinya adalah solusi bagi klien, tapi dia yang mengangap klien adalah solusi baginya untuk mencapai target. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: