Honda

IKN Usung Konsep Smart City, Kemenko Tinjau Langsung Tingkat Kemajuan Terkini Pembangunan IKN

IKN Usung Konsep Smart City, Kemenko Tinjau Langsung Tingkat Kemajuan Terkini Pembangunan IKN

Kementerian Koordinator dan rombongan juga mengunjungi Titik Nol, Sumbu Barat dengan pemandangan Istana Negara dan Kantor Pemerintahan-www.ekon.go.id-

Lebih rinci dijelaskan Tahap I berfokus pada pembangunan perkantoran Pemerintah dan perumahan ASN dan TNI/Polri beserta seluruh sarana prasarana lingkungan, fasilitas umum dan fasilitas sosial, serta dimulai perpindahan ASN dan TNI/Polri.

Selanjutnya pada Tahap II yang mana proses perpindahan ASN diperkirakan telah dapat diselesaikan dalam periode tersebut.

Kemudian, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Badan Otorita Ibu Kota Nusantara Agung Wicaksono dalam penjelasannya mengatakan bahwa terdapat 12 sektor fundamental yang teridentifikasi untuk pembangunan proyek di IKN yakni renewable energy, telecomunication network, transportation, housing, water treatment, waste management, technology infrastructure, comercial infrastructure, medical facilities, social and public facilities, education facilities, green industrial zone. Untuk pengembangan proyek pembangunan IKN tersebut, terdapat 6 potensi skema pembiayaan yang diperoleh dari APBN dan partisipasi swasta.

BACA JUGA:Berjubel Pemain Berdarah Belanda di Timnas Indonesia, KNVB: Jangan Banyak-banyak Dong! BACA JUGA:Shin Tae yong Genjot Skuad Timnas Indonesia, Intensitas Tinggi di Latihan Hari Kedua

Lebih lanjut, Deputi Agung membeberkan terkait realisasi proyek diantaranya sektor Energi Baru Terbarukan (EBT), transportasi hijau, dan pendidikan.

Realisasi proyek Energi Baru Terbarukan dengan pembentukan PLTS 50 MW oleh PLN dan terdapat calon investor lainnya. 

Kemudian realisasi proyek transportasi hijau dengan penyediaan BRT Listrik oleh Bluebird dan terdapat calon investor transportasi lainnya, terdapat calon investor domestik dan internasional dalam pengembangan sektor pendidikan di IKN.

Dalam Pembangunan IKN juga memprioritaskan penggunaan teknologi berdasarkan kebutuhan masyarakat, potensi dampak terhadap pencapaian KPI, kelayakan teknologi, dan biaya.

BACA JUGA:Ini Bukan Mimpi, Ternyata Daun Kelor Bisa Bikin Kamu Cantik bak Artis Bollywood

BACA JUGA:WAJIB COBA! 10 Cara Membuat Pipi Tirus Permanen Secara Alami, Aman Dilakukan di Rumah

Investor IKN mewujudkan pembangunan perekonomian Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan melalui berbagai aspek.

Usai menggelar Seminar forum diseminasi capaian IKN ini, Kemenko Perekonomian didampingi oleh pihak Otorita IKN melakukan peninjauan tingkat kemajuan pembangunan Kawasan Kantor Kementerian Koordinator yang terdiri dari 4 area pekerjaan. 

Tidak hanya mengunjungi kawasan Kementerian Koordinator, rombongan juga mengunjungi Titik Nol, Sumbu Barat dengan pemandangan Istana Negara dan Kantor Pemerintahan, lalu dilanjutkan dengan mengunjungi rumah teknologi.

“Sebagaimana optimisme yang selalu digaungkan Bapak Presiden dan Bapak Menko, pada intinya kita mempersiapkan semuanya dan tidak perlu khawatir terhadap hal-hal baru,” pungkas Sesmenko Susiwijono.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: