Honda

IKN Usung Konsep Smart City, Kemenko Tinjau Langsung Tingkat Kemajuan Terkini Pembangunan IKN

IKN Usung Konsep Smart City, Kemenko Tinjau Langsung Tingkat Kemajuan Terkini Pembangunan IKN

Kementerian Koordinator dan rombongan juga mengunjungi Titik Nol, Sumbu Barat dengan pemandangan Istana Negara dan Kantor Pemerintahan-www.ekon.go.id-

BALIKPAPAN.PALPRES.COM - Komitmen pemerintah melakukan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah upaya untuk mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia-sentris dan upaya mempercepat transformasi ekonomi nasional.

Dimana arah kebijakan pemindahan IKN telah diamanatkan dalam RPJMN 2020-2024 sebagai bagian dari prioritas pembangunan kewilayahan kawasan perkotaan Indonesia. 

Sebagai stimulus pemerataan pertumbuhan perekonomian nasional, pembangunan IKN diarahkan di luar Pulau Jawa dengan letak yang lebih seimbang secara spasial dan ekonomi.

Menjadi salah satu instansi Pemerintah yang termasuk dalam kloter pertama yang bakal pindah ke IKN, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menggelar kegiatan Diseminasi Capaian Pembangunan Ibu Kota Nusantara di Balikpapan pada Sabtu 22 Desember 2023. 

BACA JUGA:Deretan Manfaat Bubur Ayam Bagi Kesehatan Tubuh, Kaya Serat dan Nutrisi lho

BACA JUGA:Tradisi Natal di 5 Daerah di Indonesia, Nomor 4 Tradisi Unik dari Pulau Dewata

Kegiatan ini dilakukan untuk menjadi forum diskusi terkait progres terkini pembangunan IKN sekaligus menjadi forum diskusi lebih mendalam tentang konsep Kota Cerdas atau Smart City yang digunakan dalam membangun IKN.

“Ini tentu sejalan dengan kebijakan Pemerintah, Undang-Undang Nomor 3 tahun 2022.

Kita akan bersama-sama pindah secara bertahap ke IKN.

Walaupun pembangunannya masih bertahap, yang mana jangka panjangnya hingga 2045.

Namun ditahap awal ini sudah berlangsung, dan dalam forum ini kita bisa sama-sama mendengarkan progres terkini pembangunan IKN langsung dari Kementerian PUPR dan Otorita IKN,” ujar Sekretaris Kementerian Koodinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso dalam siaran pers Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI 23 Deseber 2023.

BACA JUGA:Warga Semarang Kaya Mendadak, Ganti Rugi Lahan Tol Semarang - Demak Nilainya Capai Rp399 Miliar

BACA JUGA:Simbol Kejayaan dan Kemakmuran, 2 Batu Akik Ini Dicari Pejabat hingga Kolektor!

Turut hardir dalam acara tersebut, Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Infrastruktur Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Pandu Gunadi Atmosukarto yang juga sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut memaparkan berdasarkan Perpres Nomor 63 tahun 2022 tentang perincian rencana induk IKN, tahapan perpindahan ASN ke IKN terdapat dalam Tahap I (Pembangunan IKN 2022-2024) dan Tahap II (Pembangunan IKN 2025-2029). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: