Honda

4 Waktu Terbaik Bersedekah Menurut Anjuran Rasulullah SAW, Jangan Pernah Ragu Melakukannya

 4 Waktu Terbaik Bersedekah Menurut Anjuran Rasulullah SAW, Jangan Pernah Ragu Melakukannya

Nabi Muhammad SAW menganjurkan ada 4 waktu terbaik bersedekah bagi umat muslim. Karena salah satu amal yang bernilai pahala yang besar dan berlipat ganda di sisi Allah SWT adalah bersedekah-kolase-

PALEMBANG.PALPRES.COMNabi Muhammad SAW  menganjurkan ada 4 waktu terbaik bersedekah bagi umat muslim, karena salah satu amal yang bernilai pahala yang besar dan berlipat ganda di sisi Allah SWT adalah bersedekah.

Setidaknya, 4 waktu terbaik dalam bersedekah, yaitu ketika sehat, ketika ingin kaya raya, ketika khawatir ekonomi terpuruk, dan saat sebelum ajal menjemput.

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah berfirman,

وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَى أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ

BACA JUGA:5 Keutamaan Sedekah, Salah Satunya Bisa Memperpanjang Usia dan Menghapus Dosa

“Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), “Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh.” (QS. Al-Munafiqun: 10)

Karena itulah, surah tersebut diatas menjadi peringatan bagi kita semua, bahwa jangan sampai suatu saat nanti kita akan menyesal ketika nafas sudah terenggut dan tak ada lagi kesempatan bagi kita untuk meraih pahala yang sangat bernilai dari sedekah ini.

Perlu diketahui, bersedekah juga memiliki keutamaan dari sisi pemilihan waktunya.

Bagi seorang muslim yang bersedekah di waktu-waktu ini, maka amalan sedekahnya menjadi lebih berat dan bernilai.

BACA JUGA:Ujian dan Cobaan akan datang Bagi Orang yang Hijrah? Ini Penjelasan Ustad Hanan Attaki

Diriwayatkan seorang pria mendatangi Rasulullah dan bertanya: “Wahai Rasulullah, sedekah yang bagaimanakah yang paling afdhol?”

Maka Rasulullah SAW menjawab: “Kamu bersedekah saat sehat, kikir, takut miskin dan kamu berangan-angan untuk menjadi hartawan yang kaya raya. Dan janganlah kamu lalai hingga nyawamu sampai di tenggorokan dan barulah kamu bagi-bagikan sedekahmu, ini untuk si Fulan dan ini untuk Fulan. Dan ingatlah (pada saat di ujung nyawa seperti itu), harta memang untuk si Fulan (yakni akan diwarisinya). “ (Shahih Muslim, no: 1713)

Dari hadis ini dapat disimpulkan jika terdapat 4 waktu terbaik untuk bersedekah bagi umat Islam:

1. Bersedekah dalam kondisi sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: