Honda

Berikut Ini 5 Cara dan Tuntunan Memilih Hewan Kurban, yuk Disimak ya!

Berikut Ini 5 Cara dan Tuntunan Memilih Hewan Kurban, yuk Disimak ya!

Berikut Ini 5 Cara dan Tuntunan Memilih Hewan Kurban yuk Disimak ya! --

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Kaum muslimin yang berbahagia, pada konten berikut ini kita akan membahas cara dan tuntunan memilih hewan kurban menurut hukum Islam.

Meski hari raya Idul Adha masih terbilang masih cukup lama, tapi ada baiknya kita mengetahui cara dan tuntutnan memilih hewan kurban.

1. Berjenis kelamin jantan

Hadist Rasulullah, diriwayatkan dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Janganlah kalian menyembelih kecuali musinnah, kecuali jika terasa sulit bagi kalian, maka sembelihlah jadza’ah dari domba’.” (Hadis Riwayat Muslim no. 1963).

BACA JUGA:5 Tips Cantik dan Wajah Bercahaya Menurut Ajaran Islam, Yuk Dicoba!

Hewan yang akan dikurbankan, disarankan berjenis kelamin jantan, hewan betina dipertahankan untuk mengendalikan populasi, pada hewan jantan pastikan hewan kurban tidak dikebiri, dimana testis atau buah zakarnya masih lengkap dua buah.

2. Cukup umur

tidak kalah pentingnya dalam memilih hewan kurban sesuai hukum Islam yang sah untuk disembelih, harus telah cukup umur, dilarang hukumnya menyembelih hewan yang kurang usia, berikut ini daftar usia hewan kurban yang boleh disembelih.

Untuk domba sekurang-kurangannya berumur satu tahun, atau telah berganti gigi (musinnah), untuk kambing sekurang-kurangnya berumur dua tahun, dan telah memasuki tahun ketiga dan untuk sapi atau kerbau sekurang-kurangnya berumur lima tahun, dan telah mulai memasuki umur ke-6.

BACA JUGA:Muhammad Taqi Usmani, Tokoh Islam yang Ciptakan Konsep Keuangan Global Berlandaskan Ajaran Islam

Sedangkan untuk mengetahui sekilas usia hewan kurban dapat melihat giginya sudah tanggal atau belum, jika belum, berarti belum dewasa dan belum layak untuk disembelih sebagai hewan kurban.

3. Perhatikan kondisi lingkungan

 

selain memeriksa hewan kurban dari kondisi tubuh, perhatikan juga kondisi dan kebersihan lokasi tempat penjualan hewan kurban, Kondisi lingkungan tempat hewan kurban tinggal juga akan mempengaruhi kesehatan mereka.

4. Hewan kurban harus sehat

BACA JUGA:3 Kebohongan yang Dikecualikan dalam Ajaran Islam, Diluar Itu Tetap Tidak Boleh ya Guys

hewan kurban yang akan dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha sudah tentu harus sehat, tidak memiliki kemungkinan membawa penyakit dalam dagingnya.

Pada saat memilih hewan kurban, perhatikan kondisi fisik, dimana hewan kurban yang sehat memiliki bulu yang bersih, tubuh yang gemuk, muka cerah, nafsu makan baik, lincah dan tidak demam.

Kemudian perhatikan bagian-bagian lubang hewan kurban seperti mata, hidung, telinga, mulut dan anus, selanjutnya periksa kotoran hewan kurban yang hendak dibeli, jika padat, maka sehat tapi bila kemungkinan sedang mengalami sakit.

5. Tidak cacat fisik

BACA JUGA:Mengenal Al Khazin, Ahli Matematika dan Astronomi Islam, Penyempurna Hukum Archimedes

Selanjutnya hewan yang akan di kurbankan tidak memiliki kecacatan, pastikan hewan tersebut tidak pincang, tidak buta dan telinga dalam keadaan yang baik.

Itulah 5 cara dan tutunan memilih hewan kurban menurun hukum Islam, semoga bermanfaat, terima kasih. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: