Honda

Inilah Rig Andalan PT Elnusa Tbk Dalam Kegiatan Eksplorasi Hulu Migas di Kalimantan Timur

Inilah Rig Andalan PT Elnusa Tbk Dalam Kegiatan Eksplorasi Hulu Migas di Kalimantan Timur

Inilah Rig Andalan PT Elnusa Tbk Dalam Kegiatan Eksplorasi Hulu Migas di Kalimantan Timur-Istimewa-

JAKARTA, PALPRES.COMPT Elnusa Tbk perusahaan jasa energi terkemuka yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina terus mendukung masifnya kegiatan eksplorasi hulu minyak dan gas bumi (migas) yang tengah digiatkan pemerintah. 

Salah satunya melalui Segmen Jasa Hulu Migas pada Business Line Drilling Workover Services dengan menyediakan rig andal dan mumpuni yang bernama Elnusa Modular rig 01 (EMR-01).

Sudah berpengalaman selama 14 tahun mengerjakan pengeboran sumur-sumur eksplorasi di wilayah Kalimantan Timur.

Rig EMR-01 merupakan salah satu rig cyber atau rig yang dioperasikan oleh sistem komputer yang pertama di Asia Tenggara saat rig ini masuk ke Indonesia pada tahun 2008. 

BACA JUGA:Awal 2024, PT Elnusa Tbk Kembali Terpilih Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade

“Rig EMR-01 dengan spesifikasi yang dipunyainya tidak banyak dimiliki oleh perusahaan kontraktor drilling di Indonesia. 

Selain memiliki sistem cyber dan sangat compact, rig dengan kapasitas 1.500 Horse Power ini juga memiliki kelebihan fast moving.

Dengan keunggulan fast moving, EMR-01 sangat cepat melakukan proses rig up dan rig down dari satu lokasi pengeboran ke lokasi pengeboran lainnya. 

Untuk keperluan pengeboran, secara teknis rig yang mampu mengebor sampai kedalaman 14.000 kaki ini dilengkapi dengan beberapa main equipment seperti substructure, menara, unit pompa lumpur, sampai Top Drive Drilling System, di mana semuanya bekerja secara terintegrasi.

BACA JUGA:Bentuk Tanggung Jawab Sosial dari PT Elnusa Tbk, Ini Nama Programnya Merajut Karya Bersama Sahabat Disabilitas

EMR-01 pertama kali beroperasi di Wilayah Kerja (WK) Sanga-Sanga pada tahun 2009 yang kala itu dikelola oleh Vico. 

Teknologi dan inovasi yang diaplikasikan cukup aktif mendukung kegiatan pengeboran migas Vico di Blok Sanga-Sanga yaitu mencapai 70 sumur sampai tahun 2016. 

Selanjutnya EMR-01 melakukan pengeboran sumur eksplorasi Pertamina EP di Sangatta, Kalimantan Timur, pada tahun 2017.

Pasca alih kelola WK Sanga-Sanga dari Vico ke Pertamina dan dikelola oleh Pertamina Hulu Sanga-Sanga (PHSS) pada tahun 2018, EMR-01 tetap dipercaya untuk melakukan kegiatan pengeboran sumur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: