Honda

IHC RSPP Jadi Rujukan Layanan Pengobatan Kanker dengan BPJS Kesehatan

IHC RSPP Jadi Rujukan Layanan Pengobatan Kanker dengan BPJS Kesehatan

Konferensi pers terkait IHC RSPP menyediakan layanan radioterapi kanker yang dapat diakses oleh peserta JKN BPJS Kesehatan-IHC RSPP-

JAKARTA, PALPRES.COM – Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) merupakan rumah sakit terbesar, dari 16 rumah sakit yang dikelola oleh PT. Pertamina Bina Medika. 

Di ulang tahunnya ke 52, Indonesia Healthcare Corporation Rumah Sakit Pusat Pertamina (IHC RSPP) menyediakan sebuah layanan radioterapi kanker yang dapat diakses oleh peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Memang tidak rumah sakit yang menyediakan layanan kanker dengan menggunakan BPJS Kesehatan, yang per 01 Januari 2024, untuk layanan radioterapi sudah disetujui oleh BPJS. 

“Lewat sinergi ini, diharapkan semakin banyak pasien kanker yang bisa disembuhkan, karena pengobatannya bisa dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, sehingga tidak perlu khawatir soal biaya pengobatannya," ungkap Direktur IHC RSPP dr Neny Herawati, MKKK dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu 10 Januari 2023.

BACA JUGA:Terima Laporan Masyarakat, Pertamina Patra Niaga Sumbagsel Gerak Cepat Lakukan Uji Tera

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga Beri Sanksi SPBU di Banyuasin, Hentikan Penyaluran BBM Jenis Solar Selama 30 Hari

Selain layanan radioterapi kanker, kata dia, sejumlah layanan lain seperti kemoterapi, radionuklir, kateterisasi jantung dan endoskopi kini sedang dalam tahap pengajuan untuk juga dapat bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. 

“Untuk layanan lainnya masih dalam proses pengajuan ke pihak BPJS, dan mudah-mudahan dapat direalisasikan di trimester pertama 2024 ini,"katanya.

Disamping itu, RSPP menjadi salah satu member Mayo Clinic Care Network (MCCN) sejak tahun 2023, pertama dan satu-satunya di Indonesia.

“Kami dapat mengakses berbagai pengetahuan dan keahlian dari tim Mayo Clinic, termasuk diskusi mengenai pengobatan kanker, dan pengobatan layanan dan penyakit lainnya,” ungkapnya.

BACA JUGA:Bukan BPNT, Bansos Pangan Kemensos Gercep Disalurkan ke Bencana Erupsi Gunung Lewotobi

BACA JUGA:12 Cara Membersihkan Kamera HP agar Hasil Foto Maksimal, Jangan Pernah Lakukan Hal Ini

Hal itu, lanjutnya, menjadi keuntungan bagi setiap tenaga medis di IHC RSPP dalam meningkatkan kemampuan di skala internasional. 

Karena Tim Medis IHC RSPP dapat melakukan teleconference dan secara langsung, dengan para ahli kesehatan dari Mayo Clinic dan tentunya edukasi medis.

“Saat ini kami memiliki 2 COE (Centre Of Excellence) yaitu Cancer Center dan Cardioneuroendovascular. 

Salah satu contoh hasil diskusi dan bimbingan dengan tim Mayo, kami mengembangkan ODC (One Day Care) Chemoterapi dan Heart failure Clinik atau klinik gagal jantung di RSPP. 

BACA JUGA:9 Manfaat Oatmeal untuk Kecantikan, Bikin Kulit Lembab dan Glowing Parah

BACA JUGA:HORE! Seleksi CPNS 2024 Dibuka, Ini Bocoran Jadwalnya

Ini salah satu upaya kami untuk meningkatkan mutu dan layanan di RSPP,"tambahnya.

Selanjutnya, ditambahkan dia, pihaknya juga berkolaborasi dengan beberapa bank untuk kemudahan pembayaran, seperti cicilan. Kemudahan itu diharapkan dapat meringankan beban pasien, karena tidak harus membayar tagihan dalam jumlah besar sekaligus.

Di usianya yang ke-52 tahun ini, Neny menyebutkan, IHC RSPP turut melakukan renovasi gedung untuk dapat melayani pasien yang lebih banyak, serta membuat sistem layanan administrasi pendaftaran pasien juga dengan digitalisasi mulai dari hulu ke hilir, demi memudahkan pasien yang akan berobat. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ihc rspp