Honda

8 Uang Koin Kuno Rupiah yang Masih Dicari Kolektor di 2024, Nomor Terakhir Berharga Rp100 Juta

8 Uang Koin Kuno Rupiah yang Masih Dicari Kolektor di 2024, Nomor Terakhir Berharga Rp100 Juta

Berikut 8 uang koin kuno rupiah yang masih dicari kolektor di 2024, nomor terakhir berharga Rp100 juta.-tokopedia.com-

Keunikannya sebagai uang koin spesial merayakan momen bersejarah membuatnya menjadi incaran para kolektor yang ingin menyimpan dan menghargai sepotong sejarah Indonesia yang langka.

 

3. Koin Rp1.000 Gambar Kelapa Sawit

Pada tahun 1993, Bank Indonesia mengeluarkan uang logam pecahan Rp1.000 yang menampilkan gambar kelapa sawit, mencerminkan salah satu aset pertanian utama Indonesia. 

Uang logam ini memiliki desain yang menarik, dengan bagian pinggir berwarna putih dan bagian tengah berwarna kuning.

Ciri-ciri uang koin ini, di sisi depannya terdapat gambar kelapa sawit, sementara di sisi belakangnya, tampak burung Garuda sebagai lambang negara. 

Uang logam ini memiliki bentuk bulat pipih dengan berat 8,60 gram, ketebalan 2,40 mm, dan diameter pinggir 26 mm, dengan diameter tengah 18 mm.

Meskipun diterbitkan pada tahun 1993, uang logam ini masih sah digunakan sebagai alat pembayaran dan hingga saat ini belum dicabut oleh Bank Indonesia. 

Keterbatasan sirkulasi dan keberadaan gambar kelapa sawit sebagai elemen pertanian utama memberikan nilai tambah, membuatnya menjadi incaran utama di kalangan kolektor.

 

4. Uang Koin Rp25

Bank Indonesia pernah menerbitkan uang koin berukuran unik pada tahun 1971.

Uang koin itu berukuran kecil pecahan Rp25 yang menampilkan gambar burung Goura victoria, menambahkan nuansa keindahan alam Indonesia ke dalam karya numismatik.

Tampilan uang ini elegan.

Warnanya perak, berbentuk bulat pipih, dan beratnya 3,5 gram. Kendati memiliki nilai nominal yang tergolong kecil, uang koin ini telah dinyatakan tidak sah sebagai alat pembayaran sejak 24 Juni 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: