Honda

Penyaluran Kredit Baru di Triwulan IV 2023 Meningkat, Bagaimana di Triwulan 1 Tahun 2024?

Penyaluran Kredit Baru di Triwulan IV 2023 Meningkat, Bagaimana di Triwulan 1 Tahun 2024?

Penyaluran Kredit Baru di Triwulan IV 2023 Meningkat, Bagaimana di Triwulan 1 Tahun 2024?-freepik-

JAKARTA,PALPRES.COM- Hasil Survei Perbankan yang dilakukan oleh Bank Indonesia menunjukkan bahwa penyaluran kredit baru pada triwulan IV 2023 terindikasi meningkat

Hal tersebut tecermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru sebesar 96,1%, lebih tinggi dibandingkan 95,4% pada triwulan sebelumnya.

Peningkatan tersebut terutama pada kredit investasi dan kredit modal kerja

Berdasarkan jenis penggunaan, pertumbuhan penyaluran kredit baru yang meningkat terjadi pada hampir seluruh jenis kredit, kecuali kredit konsumsi.

BACA JUGA:Bank Indonesia Terbitkan Kumpulan Masukan Masyarakat Atas Pengembangan Rupiah Digital

Peningkatan terindikasi terjadi pada kredit modal kerja (SBT 93,5%) dan kredit investasi (SBT 85,0%). 

Sementara itu, kredit konsumsi (SBT 79,3%) terindikasi tumbuh positif didorong oleh Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) dan Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang terindikasi meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya. 

Di sisi lain, kredit multiguna, kartu kredit, dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR)/ Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) terindikasi tumbuh terbatas.

Secara sektoral, pertumbuhan penyaluran kredit baru tertinggi terutama terjadi pada sektor Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum (SBT 85,9%), diikuti oleh sektor Real Estate, Usaha Persewaan, dan Jasa Perusahaan (SBT 84,8%), serta sektor Transportasi, Pergudangan, dan Komunikasi (SBT 66,8%).

BACA JUGA:Bank Indonesia Sumsel Dukung Program Pemerintah Wujudkan Percepatan dan Perluasan ETPD

Pada triwulan I 2024, penyaluran kredit baru diprakirakan melambat dengan SBT prakiraan penyaluran kredit baru sebesar 44,6%.

Prakiraan tersebut sejalan dengan pola historis realisasi pertumbuhan kredit baru.

Prioritas utama responden dalam penyaluran kredit baru pada triwulan I 2024 adalah kredit modal kerja, diikuti oleh kredit investasi dan kredit konsumsi.

Pada jenis kredit konsumsi, penyaluran KPR/ KPA masih menjadi prioritas utama, diikuti oleh kredit multiguna dan KKB. Berdasarkan sektor, penyaluran kredit baru pada triwulan I 2024 diprioritaskan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: