Honda

Mega Proyek Jalan Tol Sepanjang Hampir 100 Kilometer Senilai Rp27,8 Triliun Segera Rampung, di Provinsi Mana?

Mega Proyek Jalan Tol Sepanjang Hampir 100 Kilometer Senilai Rp27,8 Triliun Segera Rampung, di Provinsi Mana?

Mega Proyek Jalan Tol Sepanjang Hampir 100 Kilometer Senilai Rp27,8 Triliun Segera Rampung, di Provinsi Mana?-freepik-

KLATEN,PALPRES.COM- Mega proyek jalan tol sepanjang hampir 100 kilometer segera rampung, 2 ruas jalan beroperasi saat mudik lebaran

Salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol masih terus berlanjut tahun 2024 ini.

Salah satunya Proyek Jalan Tol sepanjang hamper 100 kilometer yang akan segera bisa dilalui oleh masyarakat. 

Adapun mega proyek yang sedang dibangun ini adalah Jalan Tol Yogyakarta-Solo. Jalan Tol Yogyakarta-Solo sepanjang 96,57 kilometer akan dilalui saat mudik lebaran. 

BACA JUGA:Warga Jateng Siap-siap, Proyek Jalan Tol Sepanjang 76,30 KM Segera Rampung, Hubungkan 2 Provinsi di Indonesia

Seperti Ruas Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 kilometer sudah dapat dilalui secara fungsional. 

Sementara para ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 3 kilometer dari total 20 kilometer ditargetkan siap dilalui saat musim mudik lebaran tahun 2024 mendatang. 

Secara keseluruhan, ruas Kartosuro-Klaten sepanjang 22,3 km tuntas dibulan Juli 2024, sedangkan ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 20 km ditargetkan tuntas pada akhir bulan September 2024.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau progress Pembangunan tol Yogyakarta-Solo mengungkapkan, pembangunan jalan tol Yogya - Solo tersebut akan meningkatkan konektivitas antara Provinsi DI Yogyakarta dan Jawa Tengah. 

BACA JUGA:Warga Yogyakarta Segera Punya Jalan Tol Langsung ke Jawa Tengah, Lalui Salah Satu Keajaiban Dunia

“Jalan Tol Yogyakarta-Solo akan terhubung dengan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dan dengan Jalan Tol Semarang-Solo, sehingga akan membentuk segitiga emas pertumbuhan ekonomi pada Kawasan Jogja, Solo, dan Semarang (Joglosemar),”kata Basuki Hadimuljono dikutip dari pu.go.id. 

Konstruksi ruas Kartasura-Klaten ditargetkan selesai 100 persen pada Juli 2024 dan ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 20 km tuntas pada akhir Desember 2024. 

Menteri Basuki terus mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jogja Solo Marga Makmur untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol dari Kartosuro arah ke Yogyakarta yang akan menjadi bagian dari Sistem Jaringan Tol Trans Jawa. 

Dengan dibangunnya jalan tol Yogyakarta-Solo ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan khususnya yang menuju Kawasan destinasi wisata di sepanjang koridor seperti Candi Prambanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: