Honda

Anti Boros! Ini 6 Tips Cerdas Menggunakan WhatsApp Agar Hemat Kuota Internet

Anti Boros! Ini 6 Tips Cerdas Menggunakan WhatsApp Agar Hemat Kuota Internet

Anti Boros! Berikut 6 Tips Cerdas Menggunakan Whatsapp Agar Hemat Kuota Internet-Pixabay/torstensimon-

4. Manfaatkan Koneksi Wi-Fi

Selalu manfaatkan koneksi Wi-Fi kapanpun tersedia, terutama saat melakukan kegiatan yang membutuhkan data besar seperti mengunduh media atau melakukan video call. 

Dengan menggunakan Wi-Fi, kuota data seluler kamu akan lebih awet.

 

5. Hapus Cache dan Data Tidak Penting

Menghapus cache dan data yang tidak penting juga dapat membantu menghemat penyimpanan internal dan penggunaan data internet. 

Kamu bisa menghapus cache dan data dengan masuk ke 'App Info' dari WhatsApp dan pilih 'Clear Cache' dan 'Clear Data'.

 

6. Batasi cadangan obrolan

WhatsApp dapat mencadangkan obrolan dan media ke cloud. Artinya, ini menyimpan salinan obrolan teks, gambar, dan video di akun Google Drive atau iCloud.

Pengguna dapat menginstruksikan WhatsApp untuk menunda pencadangan data hingga pengguna tersambung dengan jaringan Wi-Fi. Untuk menyesuaikan pengaturan ini pada perangkat Android, buka Settings > Chats > Chat Backup > Back up over dan pilih Wi-Fi.

Pada perangkat iOS, pengaturan ini harus disesuaikan dari pengaturan ponsel. Buka Settings > Cellular > iCloud Drive dan alihkan ke Off.

Pengguna juga dapat membatasi interval pencadangan. Di menu Chat Backup di iPhone, pilih Auto Backup dan pilih salah satu opsi, seperti Daily, Weekly, Monthly, atau Off.

Di Android, pertama-tama pilih Back up to Google Drive, lalu pengguna dapat memilih antara Never, Only when I tap "Back up", Daily, Weekly, atau Monthly.

Menghemat kuota data saat menggunakan WhatsApp bisa dilakukan dengan beberapa cara sederhana. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: