Honda

Gempa M 5,6 Kedalaman 10 Km di Enggano Bengkulu, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa M 5,6 Kedalaman 10 Km di Enggano Bengkulu, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi M 5,6 terjadi di Barat Daya Enggano Bengkulu pada Senin 4 Maret 2024 sekira pukul 09:48 WIB -tangkapan layar -

"Hari Minggu 03 Maret 2024 pukul 22.07.42 WIB wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera, Kaur, Bengkulu diguncang gempa tektonik," keterangan BMKG.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi yang terjadi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4,9.

BACA JUGA:Nabi Muhammad SAW Menyuruh Kita Makan Sahur Sebelum Puasa, Ini Dia Alasannya

BACA JUGA:Awas Tertipu! Begini Cara Mengenali Ponsel Oppo Asli atau Oppo KW

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5,15° LS ; 102,97° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 57 Km arah Barat Daya Kaur, Bengkulu pada kedalaman 43 km," keterangan lanjut dari BMKG.

BMKG juga menyatakan gempa terssebut berdampak dan dirasakan di daerah Liwa dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk tengah melintas).

Guncangan akibat gempa tersebut juga dirasakan di daerah Kaur dengan skala intensitas I-II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Guncangan juga dirasakan di daerah Kepahiang dengan skala intensitas I-II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

BACA JUGA:Awas Tertipu! Begini Cara Mengenali Ponsel Oppo Asli atau Oppo KW

BACA JUGA:Buat yang Suka Fotografi, HP Infinix Zero 30 5G Cocok Banget Buat Abadikan Momen Penting

Selain itu gempa ini juga dirasakan di daerah Oku Selatan dengan skala intensitas I-II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang) dan juga daerah Bengkulu Utara dengan skala intensitas I-II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hingga pukul 22:42 WIB, hasil dari monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," keterangan BMKG.

Tindakan yang disarankan ketika terjadi Gempa Bumi adalah berhati hati dan siap siaga dengan gempa bumi susulan yang mungkin akan terjadi. 

Seperti diketahui Gempa Bumi adalah peristiwa bergetarnya bumi akibat pelepasan energi di dalam bumi secara tiba-tiba yang ditandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi.

BACA JUGA:Perlukah Niat Puasa Setiap Malam Saat Ramadan? Ini Penjelasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: