Honda

Habiskan Dana Rp 2,2 Triliun, Bendungan Raksasa di Lebak Banten Ini Terbesar Ketiga se- Indonesia

Habiskan Dana Rp 2,2 Triliun, Bendungan Raksasa di Lebak Banten Ini Terbesar Ketiga se- Indonesia

Bendungan Karian menjadi bendungan raksasa terbesar ketiga di Indonesia ini diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 8 Januari 2024 lalu-IG/@landscape.idea.by_alpinia-

BACA JUGA: Terpanjang di Jawa Barat, Jalan Tol Ini Malah Dikenal Paling Angker, Kamu Tahu?

BACA JUGA:Telan Dana Rp500 Miliar, Pembangunan Jalan Tol di Jawa Barat Ini Mangkrak 17 Tahun, Kok Bisa?

“Pertama, manfaat irigasi bagi 22.000 ha sawah. Kedua memenuhi kebutuhan air baku dengan kapasitas 10,6 meter kubik per detik untuk kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Cilegon, kabupaten Lebak, kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan Kota Tangerang, Kota Jakarta Barat, dan juga kabupaten Bogor,” jelas Presiden Jokowi.

Sekadar informasi, proyek pembangunan Bendungan Karian ini tidaklah semulus yang kita bayangkan.

Dalam proses pembangunannya sempat mendapat penolakan dari warga yang berada di sekitar lokasi pengairan, tepatnya di Kampung Somang, Lebak, Banten.

Tercatat sebanyak 400 bidang lahan milik warga setempat yang terdampak pembangunan dan menuntut ganti rugi ke pemerintah pada tahun 2022 silam.

Bukan cuma saja, warga Desa Calungbunggur Kecamatan Sajira, Rangkasbitung juga turut menggugat pemerintah ke Pengadilan Negeri.

BACA JUGA:Ada Tunjangan Pioner Bagi ASN Pindah Ke IKN, Segini Besarannya

BACA JUGA:Gempa M 5,6 Kedalaman 10 Km di Enggano Bengkulu, Tidak Berpotensi Tsunami

Dalam gugatannya tersebut warga meminta pemerintah segera melakukan transparansi akan progres pembebasan lahan mereka yang terdampak proyek pembangunan Bendungan Karian.

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: