Honda

Asisten Shin Tae-yong Bocorkan Pemain Timnas Indonesia Lawan Vietnam, 3 Naturalisasi Baru Masuk Skuad?

Asisten Shin Tae-yong Bocorkan Pemain Timnas Indonesia Lawan Vietnam, 3 Naturalisasi Baru Masuk Skuad?

Thom Haye masuk dalam daftar skuad Timnas Indonesia yang akan menghadapi Vietnam?-Instagram/@thomhaye-

PALPRES.COM - Asisten pelatih Timnas Indonesia membocorkan pemain Timnas Indonesia yang akan main saat laga menghadapi Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026

Ada 27 pemain yang dipanggil. 

Di antaranya ada tiga pemain naturalisasi baru?

Tiga pemain naturalisasi yang dimaksud itu yakni, Thom Haye, Maarten Paes, dan Ragnar Oratmangoen.

BACA JUGA:Hadirnya 3 Naturalisasi Baru Bikin Timnas Indonesia Jadi Skuad Paling Mewah di Asia Tenggara

BACA JUGA:5 Fakta Menarik Seputar Piala Asia U-23, Pecinta Timnas Indonesia Wajib Tau!

Proses naturalisasinya akan dirapatkan di Komisi X DPR RI pada Kamis, 7 Maret 2024 pukul 10.00 WIB. 

Tahapan selanjutnya setelah itu adalah rapat Komisi III, Sidang Paripurna, Keputusan Presiden (Keppres), pengambilan sumpah dan perpindahan federasi.

Butuh waktu panjang bagi Thom Haye, Maarten Paes dan Ragnar Oratmangoen untuk resmi menjadi WNI dan bisa memperkuat Timnas Indonesia. 

Inilah yang membuat kecil peluang mereka dapat turun lawan Vietnam.

BACA JUGA:Sempat Batal Dinaturalisasi, Zico Soree Bisa Menjadi Solusi Lini Depan Timnas Indonesia

BACA JUGA:3 Kabar Buruk Hantam Shin Tae-yong Jelang Timnas Indonesia Lawan Vietnam, Apa Saja?

Soalnya batas pendaftaran pemain ditutup pada 13 Maret 2024. 

Nova Arianto hanya berharap yang terbaik dan memastikan pemusatan latihan Timnas Indonesia dimulai pada Senin, 18 Maret 2024.

"Semoga bisa (main), kita lihat situasi. Ya kita tunggu aja dari rilis resmi PSSI, nanti kita lihat apakah dia masuk atau enggak," terang Nova ketika ditanya kemungkinan tiga pemain tersebut membela Timnas Indonesia dalam waktu dekat.

Daftar pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia untuk pertandingan di bulan Maret ini akan dirilis secara resmi oleh PSSI sebelum tanggal itu.

BACA JUGA:Seperti Inilah Line-up Pemain Timnas Indonesia Jika Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Gagal Main Lawan Vietnam

Para pemain selanjutnya akan berkumpul pada 18 Maret untuk persiapan Indonesia melawan Vietnam pada 21 Maret di Jakarta dan 26 Maret di Hanoi. 

Pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia ini rencananya akan berlangsung di Jakarta, mengingat laga melawan Vietnam akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan.

"Seperti yang sudah kita rencanakan, kita ada 27 [pemain]. Tanggal 18 Maret kumpul dan memulai TC. Sudah, sudah [ditetapkan namanya] karena waktunya tinggal sebentar lagi," kata Nova pada Rabu 6 Maret 2024.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat ini berada di Eropa. 

Pelatih asal Korea Selatan ini sedang memantau pemain-pemain Indonesia yang berkiprah di luar negeri.

Selain memantau kondisi pemain Indonesia yang berkarir di sana, menurut Nova, Coach Shin juga melihat pemain-pemain potensial keturunan Indonesia.

"Pastinya coach Shin melihat kondisi pemain. Seperti kita lihat dari update statusnya coach Shin ketemu sama semua pemain yang ada di luar," ucap Nova di Bekasi, Jawa Barat.

"Dan [Shin Tae-yong] melihat situasi-situasi pemain baru [pemain keturunan Indonesia di Eropa] yang mungkin bisa membantu Timnas Indonesia," ujarnya menjelaskan.

Terkait Shayne Pattynama yang mengalami cedera saat memperkuat KAS Eupen dan tak berlaga pada akhir pekan kemarin, ia menyatakan, kondisi sang pemain terus dipantau.

"Masih mengontrol kondisi dari Shayne. Shayne menyampaikan juga sedikit mengalami cedera, tapi dia masih melihat situasinya apakah bisa tampil atau engga. Jadi, kita masih melakukan komunikasi. Semoga Shayne tidak terlalu parah, biar bisa tampil," jelasnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: