Honda

Hilal Awal Ramadan 1445 H Masih Rendah, Secara Teori Tidak Terukyat, Awal Puasa Mulai 12 Maret 2024

Hilal Awal Ramadan 1445 H Masih Rendah, Secara Teori Tidak Terukyat, Awal Puasa Mulai 12 Maret 2024

Seminar posis hilal-Hilman-kemenag.go.id

PALPRES.COM – Pemerintah sudah menetapkan awal Ramadan tahun ini jatuh pada 12 Maret 2024.

Pengumumam ini disampaikan langsung oleh Menteri Agama Yaqul Cholil Qoumas pada Minggu 10 Maret 2024 sekira pukul 19.45 WIB. 

Ketetapan awal Ramadan itu disampaikan setelah Kementerian Agama (Kemenag) menggelar sidang isbat yang berlangsung secara tertutup di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

"Sidang Isbat secara mufakat menetapkan bahwa 1 Ramadan 1445 H jatuh hari Selasa 12 Maret 2024 Masehi," kata Menag Yaqut.

BACA JUGA:Telan Dana Rp409 Miliar, Presiden Jokowi Resmikan Awal Pembangunan Pusat Pelatihan Paralimpiade di Karanganyar

BACA JUGA:Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan Jatuh pada 12 Maret 2024, Muhammadiyah Duluan

Sidang isbat penentuan awal Ramadan 2024 ini melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama serta dihadiri para duta besar negara sahabat serta perwakilan ormas Islam.

Kementerian Agama menggelar Sidang Isbat (Penetapan) Awal Ramadan 1445 Hijriyah, di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jakarta.

Sidang yang diikuti oleh perwakilan ormas Islam, perwakilan duta besar negara sahabat, serta jajaran Kemenag ini diawali dengan Seminar Posisi Hilal yang disampaikan anggota Tim Hisab Rukyat Kemenag H. Cecep Nurwendaya, M.Si.

Dalam paparannya, Cecep mengungkapkan, secara astronomis, posisi hilal di Indonesia pada saat Maghrib di tanggal 10 Maret 2024 atau 29 Syakban 1445 H masih berada di bawah kriteria baru MABIMS (Menteri Agama Brunei Indonesia Malaysia Singapura), yang ditetapkan pada 2021, sehingga kemungkinan tidak dapat teramati.

BACA JUGA:7 Teknik Dasar Belajar Fotografi Bagi Pemula, Dijamin Auto Langsung Jadi Pro

BACA JUGA:HP Rp2 Jutaan, OPPO A38 Berdesain Stylish dengan Segudang Fitur Spesial

"Di seluruh wilayah Indonesia, posisi hilal pada 29 Sya'ban 1445 H sudah berada di atas ufuk.

Namun demikian, masih berada di bawah kriteria imkanur rukyat MABIMS," ungkap Cecep seperti dikutip dari laman resmi kemenag.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: