Honda

Tak Hanya di Bank, Berikut Lokasi Penukaran Uang Pecahan Baru yang Disiapkan Bank Indonesia di Sumsel

Tak Hanya di Bank, Berikut Lokasi Penukaran Uang Pecahan Baru yang Disiapkan Bank Indonesia di Sumsel

Kepala Kantor BI Sumsel, Ricky P Gozali membuka Kick off Kegiatan Serambi 2024 dan memulai rangkaian penukaran uang pecahan baru di sejumlah titik di Kota Palembang bekerjasama dengan perbankan--

PALPRES.COM- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) telah menyiapkan 145 titik penukaran uang pecahan baru yang bekerjasama dengan pihak perbankan.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Perwakilan BI Sumsel, Ricky P Gozali saat membuka Serambi 2024 di lobby kantor BI Sumsel, Senin 17 Maret 2024.

“Salah satu tugas utama bank Indonesia adalah menyediakan uang rupiah yang tepat dan likuiditas baik serta dalam kondisi layak edar. Terutama dalam pecahan yang mereka inginkan dari pecahan besar hingga pecahan kecil, pada bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445 H,” ujarnya.

Ricky menambahkan bahwa selama Ramadan dan Idul Fitri, BI Sumsel menyediakan layanan tukar uang di 145 titik yang tersebar di Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Bank Indonesia Siapkan 449 Titik Layanan Penukaran Uang Rupiah, Segini Jumlah Maksimal yang Dapat Ditukarkan

Dan sebagaimana tahun lalu, BI Sumsel juga akan melakukan kegiatan susur sungai Musi bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut dalam rangka menjangkau daerah blank spot yang kesulitan untuk mendapatkan layanan penukaran uang cash.

Tak hanya itu, BI Sumsel juga akan melakukan kegiatan BI Peduli Mudik yaitu dengan menyediakan penukaran uang cash keliling ditempat-tempat seperti pusat perbelanjaan modern Palembang Indah Mall, bandara, stasiun LRT, Rest Area Tol Kayu Agung dan juga di area Benteng Kuto Besak (BKB).

Penukaran dapat dilakukan terlebih dahulu melakukan aktivasi online melalui Aplikasi Si Pintar pintar.bi.go.id dimulai pada 18 Maret hingga 15 April 2024.

Layanan penukaran uang di Perbankan akan dimulai pada 25 Maret hingga 3 April 2024.

BACA JUGA:Bank Indonesia dan RBI Sepakat Dorong Penggunaan Mata Uang Lokal di Masing-masing Negara

Sementara untuk untuk hari dan waktu pelaksanaan serta batasan penukaran uang menyesuaikan kebijakan bank masing-masing.

Pada tahun ini, BI Sumsel menyediakan uang lebih besar dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 5,3 Triliun, naik 12 persen dari tahun sebelumnya sebesar 4,7 Triliun.

“Kenaikan ini diperkirakan karena pertumbuhan ekonomi di Sumatera Selatan semakin baik, masa covid telah lewat dan perekonomian terus tumbuh,” jelasnya.

Berbagai kegiatan lain dalam rangkaian Serambi 2024 kali ini, BI Sumsel juga akan melakukan acara penukaran di tempat yang besar yakni di halaman DPRD Sumsel bekerjasama dengan para Perbankan. Kemudian melakukan kegiatan Layanan BI Jumpa, melalui layanan daerah 3 T atau Terdepan, Terluar dan Tertinggal yang akan dilakukan di Kota Pagaralam.

BACA JUGA:Nilainya Fantastis, Inilah 3 Uang Koin dari Emas Keluaran Bank Indonesia, Buruan Simpan!

“Dengan berbagai inovasi ini lah kemudian, Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan menjadi penyelenggara Serambi terbaik secara nasional pada tahun 2023. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada perbankan dan seluruh stakeholder. Mudah-mudahan akan terus kita pertahankan menjadi lebih dan lebih bermanfaat lagi ke depannya,” Tutupnya.

Menurutnya Ricky, melalui kegiatan ini pula, BI senantiasa mengajak masyarakat Indonesia untuk cinta, bangga, dan paham Rupiah.

Serambi 2024 kali ini mengangkat tema “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah” dengan maksud untuk mengajak masyarakat berbelanja secara bijak sesuai dengan kebutuhan, belanja produksi dalam negeri, serta menabung dan berinvestasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui Rupiah. ​

 

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: