Honda

Kolaborasi BI Sumsel dan Kampung Dongen Edukasi CBP Rupiah ke Pelajar SD di Kota Palembang

Kolaborasi BI Sumsel dan Kampung Dongen Edukasi CBP Rupiah ke Pelajar SD di Kota Palembang

Ratusan pelajar sekolah dasar di kota Palembang mengikuti edukasi cinta bangga dan paham rupiah yang diadakan BI Sumsel berkolaborasi dengan Kampung Dongeng.--

BACA JUGA:Bank Indonesia Pertahankan BI Rate 6,00 Persen dengan Tetap Menjaga Stabilitas dan Pertumbuhan Ekonomi

Menurutnya, edukasi ini diperlukan agar masyarakat lebih mencintai rupiah dengan mengenal ciri-ciri keaslian uang rupiah. 

“Karena pada masa sekarang ini tidak dapat dipungkiri juga ada upaya-upaya pemalsuan, sehingga masyarakat harus diberikan pemahaman supaya mengenal ciri-ciri keaslian uang rupiah,” terang Hari Widodo.

Tidak hanya itu, Hari menambahkan bahwa masyarakat harus bangga terhadap rupiah. 

“Karena Rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah yang berlaku di wilayah Republik Indonesia, tetapi juga simbol kedaulatan negara, alat pemesatu bangsa. Ini lah yang harus dihidupkan terutama kepada generasi muda agar mereka mencintai rupiah dan bangga rupiah sebagai mata uang negara,” tutur Hari.

BACA JUGA:Menjadi Tuan Rumah Kegiatan Safari Ramadan 1445 H, Kakanwil BI Sumsel Sampaikan Program Kerja Dibulan Puasa

Edukasi melalui Rupiah Bercerita ini memberikan kebermanfaatan agar masyarakat lebih memahami peran rupiah di dalam perekonomian.

“Masyarakat harus diberikan pemahaman mengenai rupiah, bagaimana cara mereka menggunakan, misalnya mereka yang berlebih berbelanja harus belanja bijak, karena harus mengingat sebagian masyarakat lain yang membutuhkan. Begitu juga, masyarakat yang mungkin terbatas maka dia juga harus hemat dalam menggunakan rupiah,” urainya.

Upaya memberikan sosialisasi dan edukasi Cinta Bangga dan Paham Rupiah dilakukan Bank Indonesia membutuhkan sinergitas dengan melibatkan banyak komunitas.

Kpw Sumsel ini memiliki inovasi yang luar biasa, dengan Kampung Dongeng, melibatkan komunitas yang lain, bahkan di Kantor Perwakilan Sumsel edukasi juga dilakukan dengan program Training of Trainers (ToT).

BACA JUGA:BI Catat Inflasi Bulan Februari Masih Terjaga

“Kami di kantor pusat Bank Indonesia ada ToTnya untuk memberikan edukasi kepada teman-teman yang menyampaikan pesan ini kepada masyarakat. Setelah itu, teman-teman ini menyebarkan kembali pesan-pesan utama dari edukasi publik ini kepada para mitra strategis BI,” ujarnya.

 

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: