Honda

Percepat Ekosistem Halal di Sumatera Selatan, BI Sumsel Kembali Gelar SYAFARI 2024

Percepat Ekosistem Halal di Sumatera Selatan, BI Sumsel Kembali Gelar SYAFARI 2024

Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni dan Kakanwil BI Sumsel, Ricky P Gozali memukul Bedug tanda dibukanya Syariah Festival Sriwijaya--

Sehingga pihaknya terus mendorong agar para UMKM terus tumbuh dan memiliki sertifikat halal.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah akan melakukan 1.000 serifikat halal kepada UMKM secara gratis. Kepada UMKM silahkan mengajukan ke Dinas Koperasi,”ajak Pj Gubernur Sumsel. 

Syariah Festival Sriwijaya atau SYAFARI merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2021 lalu. 

Beberapa tahun terakhir, BI Sumsel telah bersinergi dengan instansi dan lembaga terkait untuk melakukan berbagai program kerja yang berlandaskan kepada 3 pilar utama yaitu (i) penguatan ekosistem halal, (ii) penguatan keuangan syariah, dan (iii) penerapan halal lifestyle. 

BACA JUGA:Tak Hanya di Bank, Berikut Lokasi Penukaran Uang Pecahan Baru yang Disiapkan Bank Indonesia di Sumsel

Di pilar penguatan ekosistem halal, BI Sumsel turut memperkuat kemandirian ekonomi pesantren melalui peningkatan kapasitas usaha; dan aktif dalam mendorong sertifikasi produk halal berkoordinasi bersama Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Selanjutnya pada pilar penguatan keuangan syariah, BI Sumsel telah melakukan edukasi pengembangan ekonomi syariah kepada sejumlah pesantren dan mahasiswa; dan turut mengajak Perbankan Syariah untuk mendorong literasi keuangan syariah melalui sosialisasi yang terbuka untuk seluruh masyarakat. 

Sementara dalam pilar penerapan halal lifestyle, BI Sumsel telah mendorong Pelaku Usaha Syariah dalam mengikuti berbagai kegiatan seperti Fashion Show dalam event Muslim Fashion Festival (MUFFEST) serta fasilitasi seleksi Industri Kreatif Syariah (IKRA).

 

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: