Honda

5 Cara Mengatasi Stres Menurut Ajaran Islam, Nomor 4 Sering Ditinggalkan Kaum Muslimin

5 Cara Mengatasi Stres Menurut Ajaran Islam, Nomor 4 Sering Ditinggalkan Kaum Muslimin

5 Cara Mengatasi Stres Menurut Ajaran Islam Nomor 4 Sering Ditinggalkan Kaum Muslimin--

PALPRES.COM- Menurut Islam setiap manusia di dalam kehidupan sehari-harinya tentu pernah mengalami kecewa, gagal atau menerima kenyataan yang tidak sesuai harapan.

Kondisi ini dapat mengarahkan ke situasi yang tidak nyaman, merasa sedih, cemas, ragu-ragu atau bingung, yang mana jika tidak disikapi dengan baik akan memicu stres yang berkelanjutan.

Ahli psikolog mengungkapkan, stres merupakan reaksi adaptif individu terhadap situasi yang dipersepsikan sebagai ancaman, yang mana situasi tersebut sulit diatasi individu yang bersangkutan.

Sementara itu, Agama Islam mengenal stres sebagai bentuk cobaan yang diberikan Allah untuk menguatkan iman hamba-Nya.

BACA JUGA:Cari Mobil Hemat? Ini Pilihan Mobil Dengan CC Kecil di Bawah 100 Jutaan 

Jika anda sedang dalam situasi yang tidak nyaman jangan lekas tersulut emosi yang dapat memicu stres, tapi coba untuk lebih tenang agar lebih jernih saat berpikir dan mengambil keputusan.

Berikut 5 cara mengatasi stres menurut Islam, yuk disimak ulasannya! 

1. Ikhlas

Ikhlas merupakan hal paling mendasar dan paling penting dalam setiap amal ibadah maupun perbuatan, ikhlas ibarat sebuah jembatan yang menghubungkan kita terhadap jalan keselamatan menuju akhirat.

BACA JUGA:Situ Kebantenan! Tempat Wisata Gratis di Bogor yang Buka 24 Jam, Tawarkan Pemandangan Memesona

Di mana ikhlas juga menghadirkan ketenangan jiwa di dalam diri kita dan dapat menyelamatkan dari azab Allah SWT.

Niatkan semua perbuatan dengan ikhlas demi mengharap ridha Allah SWT, maka insya Allah apapun hasil yang diperoleh tidak akan membuat kita stres.

2. Berdzikir

Berdzikir artinya mengingat Allah, tidak hanya dalam lisan tetapi juga untuk setiap perbuatan yang kita lakukan hadirkan Allah disetiap nafas dengan berdzikir, dengan begitu jiwa akan menjadi tenang.

BACA JUGA:5 Cara Anak Agar Terhindar Dari Tindakan Bullying, Nomor 3 Sulit Untuk Dilakukan

3. Bersyukur

Bersyukur dan berserah diri atau tawakal salah satu kunci dalam menghadapi stres, dengan cara selalu bersyukur dan menerima segala pemberian Allah SWT.

4. Shalat

BACA JUGA:ASYIK, Bansos Sembako Rp600.000 Siap Cair Lagi, Daftar Daerah Penerimanya Cek di Sini

Cara menghilangkan stres menurut Islam adalah melaksanakan shalat, sebab salat merupakan media kita berkomunikasi kepada Allah SWT.

Dengan menjaga shalat wajib serta ajakan sholat sunnah yang telah dianjurkan, dapat membantu menjaga ketentraman hati hingga mampu mengatasi segala permasalahan emosional yang kita rasakan. 

5. Berdoa

Berdoa langsung kepada Allah SWT sama artinya kita berbicara kepada-Nya, di mana secara tidak langsung akan membuat perasaan jadi lega.

BACA JUGA:Asap Kian Tebal! Lakukan 5 Cara Ini Atasi Polusi Udara, Nomor 2 Hindari

Namun bukan berarti dalam curhatan itu kita berkeluh kesah lantas menyalahkan Allah SWT atas apa yang terjadi, kita berdoa berkomunikasi curhat kepada Allah SWT dengan harapan kita diberi kemudahan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi berbagai macam cobaan hidup, semoga bermanfaat. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: