Honda

Himbauan Terkini: Pemudik Diingatkan Gunakan Rest Area Tidak Lebih dari 30 Menit, Ini Tujuannya

Himbauan Terkini: Pemudik Diingatkan Gunakan Rest Area Tidak Lebih dari 30 Menit, Ini Tujuannya

Himbauan Terkini: Pemudik Diingatkan Gunakan Rest Area Tidak Lebih dari 30 Menit, Ini Tujuannya--Maps/apa adanya

PALPRES.COM - Dalam upaya menjaga keselamatan dan keseimbangan lalu lintas selama musim mudik, pemerintah telah mengeluarkan himbauan terkini kepada para pemudik untuk memanfaatkan rest area dengan bijak. 

Salah satu poin penting dari himbauan tersebut adalah penggunaan rest area tidak lebih dari 30 menit, dengan alasan yang cukup penting.

Penggunaan rest area dalam waktu yang terbatas ini bertujuan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kepadatan lalu lintas di sepanjang perjalanan.

Dengan memberikan batasan waktu singkat ini, diharapkan para pemudik akan lebih efisien dalam istirahat dan memberikan kesempatan bagi pemudik lainnya untuk juga menggunakan fasilitas rest area.

BACA JUGA:SIKAT GESS! Ada Diskon Tarif Tol 20 Persen untuk Pemudik di Jalan Tol Lampung dan Sumsel, Catat Tanggalnya

BACA JUGA:Sebelum Mudik Lebaran, Sudahkah Kamu Perpanjang SIM? Ini Biaya dan Prosedur Lengkapnya

Selain itu, menggunakan rest area tidak lebih dari 30 menit juga dapat membantu dalam menjaga kewaspadaan dan kebugaran para pengemudi. 

Dengan istirahat singkat dan sesekali bergerak, para pengemudi dapat mengurangi risiko kelelahan saat mengemudi, yang dapat mengurangi potensi terjadinya kecelakaan di jalan.

“Dihimbau kepada para pemudik untuk jangan terlalu lama di TIP paling tidak 30 menit beristirahat di rest area menghindari terjadinya penumpukan kendaraan. Selain itu kami juga menyarankan kepada pemudik dapat menggunakan TIP sementara yang bisa dimanfaatkan di sekitar area kantor gerbang tol,” ujar Anggota BPJT Unsur Masyarakat Tulus Abadi saat menjadi Narasumber Media Gathering Lebaran Astra Infra Group, di Jakarta, yang dikutip palpres.com dari laman bpjt.pu.go.id.

Dikatakan Tulus, jika tempat istirahat di Jalan Tol terlihat penuh dan menghindari terjadinya antrean menuju masuk rest area, pemudik dapat keluar terlebih dahulu ke jalan arteri mencari rest area terdekat kemudian dapat masuk melanjutkan perjalanan lewat Jalan Tol kembali.

BACA JUGA:5 Tips Persiapan Mudik Lebaran agar Aman dan Nyaman, Mulai dari Kendaraan hingga Titip Hewan Peliharaan

BACA JUGA:Selain Minum Obat, Ini 5 Tips Atasi Mabuk Perjalanan Saat Mudik Lebaran, Nomor 3 Sering Diabaikan

Tulus menambahkan, hingga saat ini total Tempat, Istirahat, dan Pelayanan (TIP) mencapai 134 TIP beroperasi. 

TIP yang merupakan bagian dari fasilitas dan layanan di Jalan Tol terbagi menjadi 3 Tipe A, B, dan C sesuai dengan fasilitas yang tersedia di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: