Honda

Tips Pemudik: Optimalkan Saldo E-Toll untuk Hindari Antrean di Gerbang Tol, Cara Mudah Top Up e-Toll dari HP

Tips Pemudik: Optimalkan Saldo E-Toll untuk Hindari Antrean di Gerbang Tol, Cara Mudah Top Up e-Toll dari HP

Tips Pemudik: Optimalkan Saldo E-Toll untuk Hindari Antrean di Gerbang Tol, Cara Mudah Top Up e-Toll dari HP--YouTube/Syam Kapuk

PALPRES.COM - Mudik menjadi momen yang dinantikan oleh banyak orang, namun antrean panjang di gerbang tol seringkali menjadi hambatan yang menyebalkan. 

Untuk menghindari hal tersebut, para pemudik perlu memastikan saldo E-Toll mereka cukup sebelum memulai perjalanan.

Bahkan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengeluarkan himbauan penting kepada para pengguna jalan tol yang akan melakukan perjalanan menuju kampung halaman. 

Hal ini bertujuan untuk memastikan kelancaran perjalanan serta menghindari terjadinya antrean di gerbang tol.

BACA JUGA:SIKAT GESS! Ada Diskon Tarif Tol 20 Persen untuk Pemudik di Jalan Tol Lampung dan Sumsel, Catat Tanggalnya

BACA JUGA:Keren! Mau Tahu Sensasi Rasa Mudik Naik Kapal Perang? Gratis Yuk Daftar Disini

Menurut Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dari unsur masyarakat, Tulus Abadi, sebelum memulai perjalanan mudik melalui jalan tol, pengendara perlu memastikan bahwa saldo uang elektronik (e-Toll) di kartu mereka mencukupi sesuai dengan tujuan perjalanan dan tarif yang berlaku di setiap gerbang tol.

"Kekurangan saldo e-Toll atau uang elektronik seringkali menjadi penyebab kemacetan di gerbang tol, oleh karena itu pengendara perlu melakukan antisipasi dengan memastikan kecukupan saldo sebelum memulai perjalanan," ujar Tulus yang dikutip Palpres.com dari website resmi bpjt.pu.go.id.

Berdasarkan data dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk. selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024, tercatat sekitar 28.000 kendaraan mengalami kekurangan saldo di sepanjang ruas tol Jakarta hingga Kalikangkung.

Oleh karena itu, Tulus menyarankan agar pengendara tidak hanya memastikan saldo cukup, tetapi juga menambahkan saldo dengan jumlah sekitar 30-40% lebih dari estimasi kebutuhan. 

BACA JUGA:HK Lucurkan Trans Sumatera Ramadhan Guide Book, Pemudik Wajib Baca Biar Mudik Nyaman dan Aman

BACA JUGA: Maksimalkan Pengawasan Jelang Arus Mudik di Muba, Pj Bupati Apriyadi Ingatkan Hal Ini

Langkah ini diambil sebagai upaya preventif untuk menghindari situasi di mana pengendara harus mengisi saldo di gerbang tol atau bahkan meminjam kartu dari pengendara lain di belakangnya.

"Praktik meminjam kartu e-Toll kepada pengendara lain karena kekurangan saldo dapat menyebabkan penundaan dalam transaksi dan berpotensi menyebabkan kemacetan lebih lanjut," tambah Tulus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: