Honda

Pemain Keturunan Bejibun di Timnas Indonesia, Proyek Naturalisasi PSSI Jalan Terus

Pemain Keturunan Bejibun di Timnas Indonesia, Proyek Naturalisasi PSSI Jalan Terus

Pemain keturunan bejibun di Timnas Indonesia, proyek naturalisasi PSSI jalan terus.-pssi-

Lantaran pemain keturunan memberikan dampak positif bagi Timnas Indonesia, Amali menyatakan, PSSI akan terus melakukan prgogram naturalisasi. 

Dengan catatan, sang pemain benar-benar memiliki darah keturunan Indonesia. 

BACA JUGA:Pemain Crystal Palace Ini Tertarik Bela Timnas Indonesia, Berharap Dinaturalisasi PSSI

Eks Menpora RI ini dengan tegas menyampaikan sama sekali tak ingin menaturalisasi pemain yang tidak memiliki garis keturunan Indonesia.

“Jadi kalau kami sih akan terus (mencari pemain keturunan) sepanjang memang kualifikasinya kan. Sejak saya di sini kan saya bilang harus darah (Indonesia), saya gak mau kayak yang sebelumnya tidak darah kan. Harus permintaan pelatih dan kemudian datanya dia ada darah (Indonesia),” ungkapnya.

Politisi Partai Golkar itu menyatakan, program naturalisasi akan terus berjalan.

Tapi memang hanya pemain keturunan yang memenuhi persyaratan tertentu yang akan dinaturalisasi.

Persyaratan itu yakni, pemain tersebut mendapat rekomendasi dari pelatih untuk dinaturalisasi dan wajib memiliki darah keturunan Indonesia. 

"Kalau enggak ada darah, memang ada pasal sih yang 5 tahun bermain [di Indonesia dan bisa dinaturalisasi], kayak Malaysia. Kan Malaysia kan gitu kan, bukan menetap. Kan pasalnya gitu ya? Bukan cuma menetap, harus main dan tidak keluar dari Indonesia selama 5 tahun, tapi kalau keluar masuk 10 tahun," ujar Amali.

Menurutnya, pemain naturalisasi yang masih memiliki darah Indonesia berbeda dengan pemain yang tidak ada hubungan keturunan sama sekali dengan negeri ini.

Pemain keturunan memiliki jiwa nasionalisme yang lebih tinggi dari pemain naturalisasi yang tidak memilik darah Indonesia. 

"Nah kita enggak mau ambil [pemain yang tidak punya darah keturunan] itu karena bagaimanapun rasa memilikinya pasti berbeda dengan orang yang neneknya kakeknya berdarah Indonesia," ungkapnya.

Dalam dua tahun belakangan, sederet atlet dari Eropa dinaturalisasi dan kemudian menjadi bagian Timnas Indonesia.

Mereka adalah Jordi Amat, Ivar Jenner, Rafael Struick, Sandy Walsh, Justin Hubner, Shayne Pattynama, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: